get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Kunjungan Wisata Libur Lebaran di Lebak Melebihi Target, Intip Datanya

Deretan Penyakit yang Mengintai Usai Liburan Lebaran, Waspada!

Kamis, 11 April 2024 | 10:27 WIB
header img
Deretan Penyakit yang Mengintai Usai Liburan Lebaran. Foto ilustrasi/Freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Setelah liburan Lebaran, ada beberapa penyakit yang sering mengintai, jika tidak berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup. Perayaan Idul Fitri memang identik dengan kebersamaan keluarga dan hidangan lezat. 

Namun, penting untuk diingat bahwa makanan khas Lebaran yang manis, berlemak, dan bersantan dapat menimbulkan risiko penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan.Makanan dan minuman yang disajikan selama perayaan Idul Fitri memang sangat lezat, mulai dari ketupat, ayam opor, hingga kue-kue khas Lebaran.

Perlu waspada terhadap konsumsi berlebihan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga pola makan yang sehat meskipun sedang merayakan Idul Fitri. Mengontrol porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai usai lebaran, kami rangkum dari berbagai sumber antara lain : 

Peningkatan Gula Darah
Konsumsi kue-kue manis Lebaran bisa meningkatkan gula darah, sehingga perlu untuk mengendalikan konsumsi makanan manis.

Peningkatan Kolesterol dan Lemak Darah
Makanan kaya lemak jenuh seperti santan, daging, gorengan, dan hidangan berbahan dasar krim dapat meningkatkan kadar kolesterol dan lemak darah.

Naiknya Asam Urat
Hati-hati dengan konsumsi daging jeroan dan makanan berkaldu gurih, karena bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat. Konsumsilah dengan bijak.

Gangguan Pencernaan
Konsumsi makanan dalam jumlah berlebihan atau makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau berminyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut