get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Banten Hari Ini : Lebak Pandeglang Serang hingga Tangerang Berpotensi Hujan Petir & Angin!

Jadi Korban PHK? Segini Besaran Angka Pesangon yang Wajib Dibawa Pulang

Jum'at, 29 Maret 2024 | 17:22 WIB
header img
Sekitar 365 pekerja PT Prima Jaya Multicon Desa Citeras, Kecamatan Jawilan, Serang, terus berjuang mendapatkan hak-hak mereka sebagai korban PHK massal. Dok foto ist

SERANG, iNewsPandeglang.id - Menjadi korban PHK seperti yang dialami ratusan pekerja PT Prima Jaya Multicon baru-baru ini, tentu merupakan situasi sulit dan tidak diharapkan siapapun. Dalam keadaan cemas, menanti hasil perudingan serikat buruh dan perusahaan, para pekerja yang kini tengah dihadapkan pada kebingungan itu pun terus berharap kabar terbaik untuk mereka, terutama soal besaran pesangon yang seharusnya mereka terima.

Lantas berapa uang pesangon yang seharusnya diterima oleh pekerja yang mengalami PHK seperti pekerja Multicon?. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memperingatkan perusahaan wajib memberikan pesangon dengan besaran sesuai ketentuan, jika melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos), Indah Anggoro Putri, mengatakan selain pesangon, karyawan juga berhak mendapatkan uang penghargaan sesuai masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima.

Kepada MNC Portal Indonesia dalam sebuah kesempatan, menyatakan hak-hak para pekerja yang mengalami PHK diatur setidaknya dalam dua regulasi. Pertama, Undang-Undang Nomor 6/2023 (UU No 6/2023) tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Kedua, dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 (PP No 35/2021) tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja. Baca Juga Gelombang PHK Berlanjut, Disney PHK 4.000 Karyawan Pekan Ini. "Hak karyawan yang di-PHK diatur dalam BAB IV UU No 6/2023 dan PP No. 35 Tahun 2021," ujar Indah.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut