get app
inews
Aa Read Next : Toko Rumah Herbal Cilegon Menjual Oleh-oleh Haji dan Umrah Paling Laris Manis karena Ini

Daftar Obat Herbal Disebutkan dalam Al Qur'an & Hadis, Berikut Khasiatnya

Jum'at, 22 Maret 2024 | 11:58 WIB
header img
Ilustrasi Obat Alami. Foto Freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Al-Qur'an merupakan sumber petunjuk bagi umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan dan pengobatan. Beberapa obat herbal yang disebutkan dalam Al-Qur'an telah dikenal memiliki manfaat kesehatan yang baik, seperti madu, zaitun, dan kurma. 

Penggunaan bahan-bahan alami ini sebagai obat telah diakui oleh banyak orang dan juga didukung oleh penelitian ilmiah modern. Selain itu, Al Quran juga memberikan panduan tentang gaya hidup sehat, pola makan yang baik, dan praktik kesehatan lainnya yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan fisik dan mental.

Berikut adalah daftar obat herbal atau obat  alami yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadis beserta manfaatnya yang kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Madu
Disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai obat yang menyembuhkan (QS. An-Nahl: 69). Madu memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Zaitun (Minyak Zaitun)
Disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai "minyak yang diberkahi" (QS. An-Nur: 35). Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan lemak sehat yang baik untuk jantung, kulit, dan pencernaan.

3. Kurma
Rasulullah Muhammad SAW sering mengkonsumsi kurma. Kurma mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk pencernaan, energi, dan kesehatan jantung.

4. Habbatussauda (Jintan Hitam)
Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan bahwa habbatussauda adalah obat untuk segala penyakit kecuali kematian. Habbatussauda memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut