get app
inews
Aa Read Next : Daftar Obat Herbal Disebutkan dalam Al Qur'an & Hadis, Berikut Khasiatnya

6 Obat Alami untuk Mengatasi Flu, Gunakan Air Garam Hangat Salah Satunya

Rabu, 30 November 2022 | 23:07 WIB
header img
6 Obat Alami untuk Mengatasi Flu, Gunakan Air Garam Hangat Salah Satunya (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id- Saat musim hujan seperti saat ini, influenza jadi salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami banyak orang. Influenza atu flumerupakan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu dapat mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk.

Ketika sedang flu, sebelum akhirnya minum obat kimiawi, ada baiknya mencoba sederet obat alami terlebih dahulu untuk meredakan dan menyembuhkannya. Sebab, tidak selalu harus langsung diberi obat kimiawi yang ada di pasaran, tapi flu juga bisa diobati dengan cara alami yang simpel dan dicoba di rumah.

Menghimpun Healthline dan Web MD ang sudah ditinjau secara medis, Kamis (30/11/2022) berikut paparan singkat enam obat flu alami yang bisa dicoba di rumah.

1. Air garam hangat: Campurkan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh soda kue ke 236 ml air steril atau air matang. Bilas dan bersihkan hidung, caranya pakai bulb syringe atau alat irigasi hidung untuk menyemprotkan air ke dalam hidung.

Pegang satu lubang hidung tertutup dengan memberikan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan campuran garam ke lubang hidung lainnya. Biarkan mengering. Ulangi dua hingga tiga kali, lalu lakukan gerakan yang sama untuk sisi hidung yang lain. Membilas dengan air garam membantu mengatasi hidung tersumbat, sekaligus menghilangkan partikel virus dan bakteri dari hidung.

2. Istirahat dan buat diri hangat: Pastikan tubuh tetap hangat dan banyak istirahat saat pertama kali terserang flu. Cara ini membantu tubuh mengarahkan energinya ke arah kekebalan. Berikan sedikit bantuan untuk tubuh dengan istirahat.

3. Minum air panas: Cairan panas bisamelegakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan selaput meradang yang tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan. Bisa minum teh herbal yang dicampur dengan 1 sendok teh madu

4. Minum banyak cairan: Bukan hanya air mineral, tapi cairan lainnya dalam bentuk air kelapa, teh herbal, jus segar, makanan sup, berkaldu, buah-buahan dan sayuran mentah

5. Asupan zinc: Mineral satu ini penting untuk sistem kekebalan tubuh, karena nutrisi ini membantu tubuh membentuk sel darah putih yang melawan kuman. Penelitian menunjukkan bahwa zinc bisa membantu meringankan gejala pilek dan flu, serta membantu tubuh melawan virus flu dan dapat memperlambat seberapa cepat virus berkembang biak. Asupan zinc bisa lewat suplemen atau multivitamin, bisa juga lewat makanan tinggi zinc yakni daging merah, kerang, kacang-kacangan, buncis, kacang polong, produk susu, dan telur.

6. Minum teh herbal: Beberapa herbal memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami. Mulai dari adas, ramuan lain dan teh berdaun hijau juga memiliki manfaat melawan kuman dan antioksida. Teh herbal bukan hanya bisa membantu tubuh melawan virus flu, tapi juga menenangkan tenggorokan dan sinus. Anda bisa membuat teh herbal penangkal flu dengan adas bintang dan ramuan lainnya seperti teh hijau atau hitam, kunyit, jahe segar atau kering, atau pasta jahe, bawang putih segar, cengkeh yang bisa dicampur madu murni sebagai pemanis dengan sifat antivirus dan antibakteri alami.

Itulah deretan obat alami untuk menyembuhkan flu, semoga bermanfaat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut