get app
inews
Aa Read Next : Doa Akhir Ramadan Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW, Berikut Artinya

Penting Diketahui! 8 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 12 Maret 2024 | 06:33 WIB
header img
Ilustrasi Puasa. Foto Freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - 8 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh menarik diulas untuk diketahi. Puasa merupakan praktik menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan hubungan seksual, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan niat dan persyaratan tertentu. 

Tentu Ini adalah ibadah wajib bagi umat Islam yang dilakukan selama bulan Ramadan, dimana umat Islam berpuasa sebagai bentuk pengendalian diri, peningkatan kesadaran spiritual, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh manusia. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh manusia.

 Beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari berpuasa antara lain:

1. Penurunan Berat Badan
Puasa dapat membantu dalam proses penurunan berat badan karena tubuh menggunakan cadangan energi yang tersimpan dalam bentuk lemak saat tidak ada asupan makanan baru. Ini dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan.

2. Mengontrol Gula Darah
Puasa dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki resistensi insulin atau diabetes tipe 2. Dengan mengatur pola makan selama puasa, tubuh dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengendalikan kadar gula darah.

3. Menurunkan Peradangan
Puasa dapat memiliki efek antiinflamasi pada tubuh, mengurangi peradangan dan risiko penyakit yang berkaitan dengan peradangan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan obesitas.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut