get app
inews
Aa Read Next : Serunya Mengisi Liburan Sekolah, Anak-Anak SD Diajarkan Polisi Cara Berenang di Sungai

Manis dan Kaya Manfaat, Madu Odeng Ujung Kulon Jadi Andalan Ekonomi Warga Sumur Pandeglang

Selasa, 14 November 2023 | 09:50 WIB
header img
Warga Sumur, Pandeglang, Banten berburu madu odeng Ujung Kulon ke Pulau Panaitan. Foto IST/Iskandar Nasution

4. Mampu Menyembuhkan Luka

Dari penelitian menunjukkan bahwa madu hutan dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh luka karena sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidannya. 

Tak hanya itu, madu bersifat asam yang membantu melepaskan oksigen dari luka dan mempercepat penyembuhan luka. Anda dapat  menggunakan madu hutan dengan mengoleskannya langsung pada luka kecil dan luka bakar.

5. Meredakan Batuk

Sejumlah penelitian mengungkapkan  madu mungkin sama atau lebih efektif dibanding sejumlah obat batuk. Pasalanya, banyak obat batuk yang diduga tidak  aman untuk dikonsumsi anak kecil. Karena itu,  madu hutan sebagai  alternatif untuk anak di atas usia satu tahun. 

Madu hutan mempunyai efek menenangkan dalam pencernaan sehingga bisa membantu mengatasi gejala diare. Jika digunakan untuk mengobati diare ringan, disarankan minumlah satu sendok teh madu hutan atau campur madu dengan air putih. Perlu diingat juga agar  mengonsumsi madu  jangan terlalu banyak, sebab kelebihan gula dapat memperburuk diare.

Itulah sederet manfaat madu odeng atau madu hutan untuk kesehatan tubuh yang kini diburu masyarakat menjadi andalan ekonomi warga tradisional khususnya di Sumur, Pandeglang, Banten.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut