get app
inews
Aa Read Next : Serunya Mengisi Liburan Sekolah, Anak-Anak SD Diajarkan Polisi Cara Berenang di Sungai

Manis dan Kaya Manfaat, Madu Odeng Ujung Kulon Jadi Andalan Ekonomi Warga Sumur Pandeglang

Selasa, 14 November 2023 | 09:50 WIB
header img
Warga Sumur, Pandeglang, Banten berburu madu odeng Ujung Kulon ke Pulau Panaitan. Foto IST/Iskandar Nasution

Jika berhasil para pembolang mampu mengumpulkan madu odeng sebanyak 100 kilogram perhari. Apabila  apes, para pembolang juga  tidak bisa memperoleh madu lebah. 

Proses pencarian madu hutan ini sangat berbahaya, karena berada diatas pohon dengan ketinggian diatas 30 meter. Meski bertaruh nyawa, mereka mengumpulkan sarang-sarang lebah yang memiliki madu.  

Tingginya biaya dan sulitnya mencari madu hutan odeng, membuat harga madu odeng ujung kulon wajar jika dijual cukup tinggi.  Satu botol madu odeng ujung kulon ukuran 460ml dijual seharga Rp. 125.000. 

Madu odeng Ujung Kulon juga biasanya  digunakan sebagai pengobatan tradisional. Rasa manis dan kandungan bahan aladari madu hutan yang sehat yang tak sama bahan tidak  dimiliki oleh madu olahan. 

Madu hutan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Madu ini didapatkan dari secara langsung sarang lebah. Madu odeng tersebut mengandung bee pollen yang dapat  menyehatkan,  antioksidan dan propolis lebah. Kandungan tersebut merupakan  zat yang bertekstur lengket seperti lem yang digunakan lebah untuk menyatukan sarangnya. Sedangkan madu biasa mungkin tidak mengandung bee propolis dan bee pollen yang serupa dengan madu hutan. 

Sejumlah  orang meyakini, pengolahan dan pasteurisasi yang dilakukan pada  madu biasa  dapat mengurangi banyak unsur bermanfaat. Sementara untuk  madu hutan ini dianggap bisa memberikan lebih banyak manfaat kesehatan  dari pada madu biasa.  

Seperti diketahui, madu merupakan cairan manis berwarna keemasan yang dibuat oleh lebah madu. Madu hutan mengandung bee pollen dan bee propolis, 

Lantas seperti apa manfaat madu hutan untuk kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat madu odeng yang dikutip dari laman halodoc Selasa (14/11/2023) di antaranya :

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut