get app
inews
Aa Read Next : Serunya Mengisi Liburan Sekolah, Anak-Anak SD Diajarkan Polisi Cara Berenang di Sungai

Manis dan Kaya Manfaat, Madu Odeng Ujung Kulon Jadi Andalan Ekonomi Warga Sumur Pandeglang

Selasa, 14 November 2023 | 09:50 WIB
header img
Warga Sumur, Pandeglang, Banten berburu madu odeng Ujung Kulon ke Pulau Panaitan. Foto IST/Iskandar Nasution

1. Memiliki Efek antioksidan

Manfaat yang utama bagi  kesehatan dari madu ini tentunya  berasal dari kandungan antioksidannya. Madu hutan mengandung senyawa yangsebagai antioksidan, termasuk fitokimia, flavonoid, dan asam askorbat. Kandungan ini bisa mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dengan membersihkan radikal bebas. 

2. Nutrisi

Madu diketahui  mengandung nutrisi spesial yang membuat Anda sehat. Secara alami mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral seperti Niacin, Riboflavin, Asam pantotenat, Kalsium, Magnesium, Mangan, Kalium, Fosfor, Zinc.

Selain itu, juga  secara alami mengandung gula. Lebih dari setengah gula dalam madu adalah fruktosa, dan ini  kerap  dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Meski begitu mengandung fruktosa, madu dapat menjadi pilihan yang lebih sehat dari pada  gula pasir. 

3. Bersifat Antibakteri

Diketahui madu sebagai agen bakteri dan antimikroba alami. Bukan hanya itu,  kandungan  hidrogen peroksida dan glukosa oksidase dan mempunyai  tingkat pH rendah, yang dapat membunuh bakteri dan jamur berbahaya. Sebab, mempunyai komposisi kimia yang unik, madu tak akan membiarkan jamur atau bakteri tumbuh dalam tubuh. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut