get app
inews
Aa Read Next : 2 Pekerja Tambang Batu Bara di Bayah Lebak Masih Terjebak, Lubangnya Ada Gas Asam

Waspada! Puluhan Warga di Lebak Selatan Terjangkit HIV/AIDS, LGBT dan PSK Diduga Jadi Pemicu

Sabtu, 04 November 2023 | 16:40 WIB
header img
Ilustrasi kasus HIV-AIDS. Foto Istimewa

Sementara itu, Moh Arif Mulyawan R Koordinator Program Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Banten mengatakan, meski pasien dinyatakan terjangkit HIV  di Banten namun awalnya terpapar berada di luar daerah karena masa inkubasi virus ini cenderung berlangsung lama.

"Daerah lintas batas merupakan fokus kami bukan hanya di Bayah saja, setiap lintas daerah apalagi daerah ada transaksi ekonomi dan pembangunan  bukan tak mungkin ada transaksi seksual. Daerah lintas batas menjadi perhatian khusus kami," katanya.

"Kasus terinveksi bukan di tempat asal, sebagai contoh di Lebak ada wanita hamil terinveksi HIV  setelah ditracking sebelumnya  dia bekerja di Bali. Kemudian untuk TKA kami selalu sosialisasi terhadap perusahaan untuk traking pekerja agar dapat menekan penyebaran penyakit ini. Hal ini adalah masalah sosial yang menjadi tanggung jawab bersama kita," katanya lagi.

Untuk diketahui, pada tahun 2022  Dinkes Banten mencatat penemuan kasus HIV di Banten  dengan jumlah kasus paling banyak di Kabupaten Tangerang  sebanyak 4.363 kasus, Kota Tangerang dengan  3.497 kasus, Kota Tangerang Selatan 1.799 kasus, Kabupaten Serang 1.664 kasus. Lalu, Kota Cilegon 940 kasus, Kabupaten Lebak ada  613 kasus, Kota Serang 460 kasus, dan terakhir  Kabupaten Pandeglang dengan  334 kasus.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut