get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Sepak Bola Tidak Masuk Cabor Prioritas Indonesia di Olimpiade, Karena Ini

Meresahkan UMKM, Jokowi Sebut Tiktok Seharusnya Jadi Sosmed Bukan 'Media Ekonomi'

Sabtu, 23 September 2023 | 20:37 WIB
header img
Presiden Jokowi saat meninjau penanganan IJD di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023). Foto Tangkapan Layar iNews TV

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa Tiktok Shop seharusnya cukup menjadi sosial media (Sosmed) bukan 'media ekonomi'. Pemerintah pun telah menyusun draft aturan yang nantinya akan mengatur operasional tiktok dan e-commerce

Keputusan pemerintah tersebut, menyusul baru-baru ini para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengeluhkan eksistensi Tiktok Shop, praktik penggabungan bisnis antara media sosial dan e-commerce ini berpeluang menciptakan monopoli perdagangan. Pedagang UMKM kesulitan untuk bersaing lantaran harga yang ditawarkan di sosial e-commerce jauh di bawah harga pasar.

"Ya,  ini baru disiapkan itu kan lintas kementerian dan ini memang baru  ininya di apa di finalisasi di Kementerian Perdagangan karena kita tahu itu berefek pada UMKM pada produksi di usaha kecil, usaha mikro dan juga pada pasar. Di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun," kata Jokowi dikutip dari tayangan iNews TV, Sabtu (23/9/2023).

"Mestinya ini kan dia itu sosial media bukan ekonomi media,  itu yang baru akan diselesaikan untuk diatur," sambungnya.

Pemerintah akan mengkaji aturan tentang operasional tiktok shop nantinya media sosial memiliki izin yang berbeda dengan e-commerce. Tak hanya itu, aturan ini juga membatasi barang yang masuk ke Indonesia.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut