get app
inews
Aa Read Next : Sengketa Pilpres 2024, MK Tolak Gugatan Anies-Cak Imin

Duet Anies-Cak Imin Bikin Partai Demokrat Ngambek

Jum'at, 01 September 2023 | 18:21 WIB
header img
Gejolak tengah dialami koalisi perubahan untuk persatuan yang berisi Partai Demokrat, Nasdem dan PKS kader partai Demokrat di sejumlah daerah beramai-ramai mencopot baliho bergambar AHY dan Anis. Foto iNews TV

Partai Demokrat melalui Sekjennya, Teuku Riefky Harsya mengakui telah mengkonfirmasi informasi tersebut kepada Anies Baswedan, bahkan beredar kabar akan ada deklarasi duet Anies  ini di salah satu hotel di Surabaya pada Sabtu 2 September mendatang.

Meskipun belum terkonfirmasi, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pun buka suara soal Partai Demokrat yang merasa dikhianati. la menyebut duet Anis Cak Imin belum diformalkan.

"Kemungkinan sekarang bisa aja itu terjadi, tapi saya pikir belum terformalkan sedemikian rupa tentunya. Kita tunggu perkembangan satu dua hari," ucap Surya Paloh.

"Pasti kita dalam suasana turut prihatin  itu sikap saya. Apakah itu karena perasaan empati juga perasaan ikut prihatin. Saya tidak pasti tidak bergembira menerima suatu kabar seperti itu," katanya lagi.

Menyikapi hal ini PKS yang  juga anggota koalisi perubahan untuk persatuan hingga
Kamis malam menyatakan tetap mendukung dan mengusung Anis sebagai capres sesuai dengan keputusan musyawarah majelis Syuro 8 PKS.

Sebelumnya 3 partai yaitu Nasdem, Demokrat dan PKS telah sepakat untuk bersatu dalam koalisi perubahan untuk persatuan mengusung Anies Baswedan bersatu dalam koalisi perubahan untuk persatuan mengusung Anies Baswedan sebagai capres namun belakangan kabar duet antara Anies dan Cak Imin itu bocor hingga mengancam soliditas koalisi ini. 

Di sisi lain jika PKB memutuskan untuk berkoalisi mereka memenuhi syarat kepemilikan kursi DPR untuk mendaftarkan capres-cawapres ke KPU dengan total 117 kursi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut