get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT ke-78 RI, Ribuan Warga Cilegon Ikuti Jalan Sehat Fit and Fun with Indo Raya Tenaga

Meriahkan HUT Ke-78 RI, Kaesang dan Erina Gudono Tampil Seperti Ksatria Pakai Baju Adat Minahasa 

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:05 WIB
header img
Kaesang dan Erina Gudono Tampil Seperti Ksatria Pakai Baju Adat Minahasa. Foto IG @erinagudono

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78  Kaesang dan  Erina Gudono kompak memakai Baju Adat Minahasa. Mereka tampil layaknya Ksatria yang biasa dipakai dalam melakukan Kawasaran.

Hal itu sebagaimana terlihat dalam postingan instagram yang dibagikan oleh Erina Gudono. Ia bersama suami tercinta  tampil mencuri perhatian dengan memakai pakaian tradisi leluhur Minahasa. 

Lantas, apa itu Kawasaran? Disebutkan Erina dalam postingan itu Kawasaran merupakan tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan tarian Ksatria Minahasa yang disebut "Waraney".

Dijelaskanya, Kawasaran dahulu digunakan sebagai bentuk ritual Minahasa. Kawak sendiri berarti melindungi, sementara asaran artinya 'sama atau berlaku seperti'. 

Kawasaran secara sederhana  bermakna sama layaknya leluhur zaman dulu  yang menjadi pelindung tanah, pelindung negeri dan pelindung kehidupan.

Baju sepasang kawasran yang dikenakan Erina Gudono dan Kaesang ini mempunyai bagian dasar dari kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele. Lalu, dipadukan lagi dengan  kain tenun kaiwu patola.

"Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli," tulis Erina Gudono, dikutip dari instagram, Kamis (17/8/2023).

Tiga Simbol Kawasaran

Pakaian Kawasaran mempunyai tiga simbol penting. Masing-masing mempunyai arti yang sangat  mendalam dalam aksesoris tertentu.

Pertama, ada gegenang (ingatan) yang disimbolisasikan dengan porong bagian kepala yang dihiasi bulu ayam jago serta kepala burung uak. "Dimaknai sebagai melakukan kebaikan," jelas Erina Gudono.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut