get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Nikmati Tradisi Leluhur, Ribuan Warga Baduy Seba ke Bupati Lebak

Sabtu, 29 April 2023 | 10:07 WIB
header img
Tradisi leluhur Suku Baduy di Kabupaten Lebak, Banten dapat dinikmati kembali melalui Seba Baduy 2023, ribuan warga masyarakat Baduy melakukan seba kepada Bupati Lebak. Foto iNews/Iskandar Nasution

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Tradisi leluhur Suku Baduy di Kabupaten Lebak, Banten dapat dinikmati kembali melalui Seba Baduy 2023. Ribuan warga masyarakat Baduy  melakukan seba kepada Bupati Lebak.

Ritual yang berusia ratusan tahun tersebut digelar  sejak Jumat (28/4/2023) di Pendopo Kabupaten Lebak, warga masyarakat pedalaman Baduy berbondong-bondong melakukan long march  tanpa alas kaki berpuluh-puluh kilometer dari Desa Kanekes menuju pendopo Pemkab Lebak. Upacara Seba Baduy merupakan puncak dari serangkaian ritual Kawalu dan Ngalaksa yang telah dilaksanakan selama tiga bulan dengan berpuasa.


Upacara Seba Baduy 2023 mengahadap kepada Bupati Lebak. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Perjalanan ini biasanya disertai dengan membawa beragam hasil bumi mereka selama setahun seperti pisang, jagung dan padi  menghadap ke Bupati Lebak. Rencananya pada Sabtu pagi (29/4) ini mereka akan menuju ke Kantor Gubernur Banten.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut