get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Sang Legendaris dari Lebak, Siapa Pemilik PO Bus Rudi?

Kamis, 09 Februari 2023 | 22:18 WIB
header img
Bus Rudi tempo dulu. Foto istimewa

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Bagi warga Lebak, Banten khususnya Rangkasbitung sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Bus Rudi. Ya,  bus legendaris yang menjadi kebanggaan warga di Kabupaten Lebak sejak tahun 80 an mungkin Anda pernah punya pengalaman dengan bus yang satu ini. 

Tentu bagi masyarakat umum jadi pertanyaan siapa pemilik PO Rudi. PO dari Lebak ini telah berjasa dan mengantarkan masyarakat  dari Banten menuju kota-kota lainnya seperti DKI Jakarta dan sejumlah kota di Jawa Barat.

Selain itu, PO bus yang lawas dan masih eksis keberadaannya hingga saat ini merupakan perintis transfortasi darat di Kabupaten Lebak yang jadi kebanggaan warga Lebak.

Nah, pertanyaanya  siapa pemilik PO Bus Rudi sang legendaris dari Lebak ?  PO bis yang melegenda pada masanya ini sudah ada meramaikan jalanan sejak tahun 1986 di Desa Kaduagung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Sosok almarhum H. Irja Karis berada di balik kesuksesan PO Rudi dengan perusahaanya bernama PT Jaya Kusumah.


Sang Legendaris dari Lebak, Siapa Pemilik PO Bus Rudi?. Foto IG @restutrilaksana

 

Dengan latar belakang dari pendirian PO Rudi ini rupanya adalah karena H Irja Karis merasa tergerak melihat masyarakat Lebak yang saat itu kesulitan dalam melakukan mobilisasi dari satu daerah ke daerah lain.

Pasalnya, saat itu masyarakat Lebak masih bergantung pada transportasi tradisional bertenaga manusia, seperti becak dan sepeda kayuh, untuk berpergian dengan jarak dekat. Sedangkan jika ingin berpergian dengan jarak yang cukup jauh, masyarakat harus menggunakan kereta api.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut