"Pengguna jasa khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, dapat memesan tiket ferry sejak jauh-jauh hari. Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Hal ini penting untuk memastikan ketersediaan tiket dan memperlancar pelayanan di pelabuhan," ujar Shelvy.
Pengguna jasa, lanjutnya, yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan _check in_ 2 jam sebelumnya. Tiket akan expired jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan. "Jangan lupa saat membeli tiket via online, pastikan pengguna jasa mengisi daftar penumpang dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya. Ini penting terkait hak asuransi setiap penumpang dan memperlancar proses perjalanan," tuturnya.
Data reservasi Ferizy untuk jadwal keberangkatan kapal ekspress dari Merak pada Jumat (20/1) selama 24 jam tercatat dari kuota 3.850 unit kendaraan, jumlah reservasi sebanyak 1.650 unit atau sudah 43 persen. Untuk layanan Merak Reguler dari kuota 16.320 unit kendaraan, sebanyak 2.640 unit kendaraan yang sudah melakukan reservasi atau sebesar 16 persen.
Selanjutnya, data Bakauheni untuk keberangkatan kapal ekspress dari kuota 3.850 unit tercatat yang sudah melakukan reservasi sebanyak 1.250 unit atau 32 persen. Dan untuk reguler dari kuota 16.944 unit baru 1.360 unit kendaraan yang melakukan reservasi atau baru 8 persen.
Sementara untuk data Ketapang tercatat dari kuota 8.880 unit yang sudah reservasi sebanyak 1.873 unit atau 21 persen. Dan untuk Gilimanuk tercatat dari kuota 8.880 unit kendaraan baru 1.903 unit kendaraan yang melakukan reservasi atau sebesar 21 persen.
Editor : Iskandar Nasution