get app
inews
Aa Read Next : Atta Halilintar Lulus SMA melalui Paket C di Usia 29 Tahun

Menyesal Belakangan, Yuk! Mulai Gaya Hidup Sehat Agar Tidak Diamputasi Seperti 'Atun' Suti Karno

Minggu, 01 Januari 2023 | 11:34 WIB
header img
Mulai Gaya Hidup Sehat untuk mencegah Penyakit Diabetes seperti yang diidap oleh Aktris Indonesia 'Atun'. Foto IG @sutykarno

Melakukan Aktifitas Fisik

Aktivitas fisik ringan seperti berjalan, menaiki tangga, hingga melakukan aerobik juga terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat, berat badan indeal, dan sekaligus meminimalisir seseorang menderita penyakit diabetes mellitus.

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu upaya untuk mencegah terkena diabetes melitus dengan  konsumsi makanan yang sehat untuk mendapatkan nutrisi. Konsumsi 3-5 porsi buah dan sayur, serta mengurangi asupan gula, garam dan lemak jenuh

Rutin Periksa Gula Darah

Memeriksa gula darah atau HbA1c secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendeteksi sedini mungkin kandungan gula darah dalam tubuh, sehingga apabila seseorang terpapar diabetes, akan lebih cepat mendapatkan penanganan.

Mengelola stres

Stres merupakan salah satu penyebab diabetes yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat. Pasalnya ketika tubuh mengalami stres, produksi seretonin akan terganggu, sehingga menyebabkan kemampuan tubuh dalam menciptakan insulin akan berkurang.

Itulah gaya hidup sehat yang bisa diterapkan untuk mencegah diabetes. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala diabetes melitus seperti buang air kecil lebih dari biasanya terutama saat malam hari, kehilangan berat badan tanpa melakukan apapun, hingga luka yang tidak pernah sembuh.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut