get app
inews
Aa Read Next : Siksa Rekan hingga Tewas, 6 Mahasiswa UPNM di Malaysia Dihukum Gantung

Resmi! Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri Malaysia ke-10

Kamis, 24 November 2022 | 15:27 WIB
header img
Datuk Seri Anwar Ibrahim resmi jadi Perdana Menteri Malaysia yang baru. Foto Twitter @anwaribrahim

KUALA LUMPUR, iNewsPandeglang.id - Pimpinan Pakatan Harapan (PH), Datuk Seri Anwar Ibrahim resmi jadi  Perdana Menteri Malaysia  usai Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah setuju pengangkatan Perdana Menteri kepada Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri ke-10.

Datuk Pengeloj Dirajaya Istana Negara, Datuk Seri Ahmad Fadli Syamsuddin mengatakan, penunjukan itu dilakukan Al-Sultan Abdullah setelah menyempurnakan pandangan Penguasa Melayu.

“Dalam sesi dialog khusus yang dimulai pukul 11 ​​pagi ini, Yang Mulia dengan senang hati bertanya kepada Yang Mulia Raja-Raja Melayu tentang proses penunjukan Perdana Menteri baru setelah Pemilihan Umum ke-15 (GE-15) pada 19 November," katanya dalam pernyataan dikutip dari Harian Metro pada Kamis, (24/11/2022).

Menurutnya pembahasan dalam dialog khusus ini juga dimaksudkan agar Raja Malaysian  dapat memperoleh pandangan dari Raja-Raja Melayu agar Yang Mulia dapat mengambil keputusan yang terbaik untuk kepentingan dan kesejahteraan negara dan rakyat.

“Prosesnya adalah agar Yang Mulia dapat mengambil keputusan untuk mengangkat seorang anggota Dewan Rakyat yang menurut pendapat Yang Mulia dapat memperoleh kepercayaan dari mayoritas anggota Dewan Rakyat sebagai Perdana Menteri sesuai dengan Pasal 40(1)( a) dan Pasal 43(2)(a) dari Federasi Konstitusi," ungkapnya.

Dikatakannya, proses selanjutnya adalah  pelantikan  Pengucapan Sumpah Jabatan dan Kesetiaan serta Sumpah Kerahasiaan sebagai Perdana Menteri yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 17.00 waktu setempat di Istana Negara. 

“Yang Mulia mengingatkan semua pihak bahwa yang menang tidak kalah semua dan yang kalah tidak kalah semua. Oleh karena itu, seperti kata, kita saling bergandengan tangan, saling mengulurkan tangan untuk mempererat kembali barisan di antara seluruh anggota Dewan Rakyat demi masa depan negara kita tercinta ini,” ujarnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut