get app
inews
Aa Read Next : Cafe Kalos di Cilegon dengan Konsep Alam dan Menu-menu Tradisional, Bisa Kulineran Sambil Healing

7 Alasan Jogja Jadi Tempat yang Selalu Dirindukan saat Liburan

Minggu, 20 November 2022 | 21:40 WIB
header img
7 Alasan Jogja Jadi Tempat yang Selalu Dirindukan saat Liburan (foto : instagram/apipjunoy)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idYogyakarta atau yang akrab disebut Jogja merupakan Salah satu Kota yang sering dikunjungi saat berlibur. Bagi yang pernah datang Jogja, tentunya akan merindukan untuk bisa datang kembali ke kota ini. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terletak di bagian selatan pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. DIY biasa juga dipanggil Jogja, Yogya, Yogyakarta, dan Jogjakarta. Daerah dengan status keistimewaan ini memiliki luas 3.185,80 kilometer persegi, terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. 

Berbicara soal Jogja, daerah yang mendapat keistimewaan di Indonesia tersebut memang selalu menarik untuk didatangi saat musim liburan tiba. Sejumlah lagu yang diciptakan musisi bisa memberikan gambaran kenapa Jogja selalu dirindukan. Contohnya lagu berjudul Yogyakarta, Jogja Istimewa dan beberapa lagu lainnya. Berikutnya beberapa alasan kenapa Jogja selalu dirindukan?

1. Kuliner 

Kenapa Jogja selalu dirindukan? kuliner bisa menjadi salah satu jawabannya. Banyak tempat kuliner yang dapat dijumpai di Jogja. Salah satu makanan khas Jogja adalah gudeg. Julukan Kota Gudeg juga melekat pada Jogja. Belum lengkap rasanya ketika datang ke Jogja tidak menikmati kuliner gudeg.  Kuliner lainnya yang tak boleh ketinggalan untuk dinikmati adalah sate klatak. Kuliner ini sulit dijumpai di daerah lain. Sate klatak adalah sate yang berbahan dasar kambing. Yang membedakan dengan sate lainnya adalah pada bumbu untuk pengolahan. Sate Klatak tidak menggunakan bumbu kecap atau kacang, melainkan hanya dibumbui dengan garam. 


Meskipun sangat sederhana, namun sate klatak sangat diminati dan menjadi salah satu ikon kuliner Kota Jogja. keistimewaan lainnya adalah tusuk sate yang digunakan bukan dari bambu. Namun menggunakan besi jeruji sepeda. Penggunaan jeruji dipercaya menghantarkan panas yang baik, sehingga daging dapat matang dengan sempurna. Selain gudeg dan sate klatak, Jogja memiliki banyak kuliner lainnya yang sayang untuk dilewatkan. 

  2.Nyaman 
Sesuai slogannya Yogyakarta Berhati Nyaman, Kota Jogja benar-benar memberikan kenyamanan bagi orang yang datang. Mendapat julukan sebagai Kota Pelajar, Jogja banyak didatangi masyarakat luar daerah sekolah atau kuliah. Dukungan sarana lembaga pendidikan formal maupun nonformal yang tersedia memberikan kesempatan untuk pengembangan diri. Hasil survei Most Livable City Index 2009 dan 2011, menempatkan Jogja sebagai kota ternyaman. Ikatan Ahli Perencana (IAP) juga menempatkan Jogja sebagai kota dengan indeks hunian terbaik dibanding dengan kota-kota lain di Indonesia. 

3. Keramahan

Keramahan juga menjadi faktor kenapa Jogja selalu dirindukan. Masyarakat Jogja sangat menjunjung tinggi tata krama. Kehangatan sikap dan perilakunya akan membuat siapapun terkesan. Di Jogja, bukan penampilan yang membuat orang menghormatimu. Namun perilaku yang santun akan membuat jauh lebih berkharisma.  Suasana jogja dapat dinikmati dengan cara sederhana. Seperti ngobrol di warung angkringan dengan penjual atau pembeli lainnya. Suasana Jogja juga dapat dinikmati sambil ngopi dan ngobrol ringan bersama teman-teman. 

4. Tempat wisata 

 Kenapa Jogja selalu dirindukan, tempat wisata di Jogja memiliki daya tarik yang membuat banyak orang berkunjung. Potensi wisata yang ada, membuat wisatawan merasa kurang jika hanya tinggal sebentar di Jogja. Wisata alam, budaya, hingga yang bertemakan modern dapat dijumpai di Jogja. Kawasan Malioboro tentu tak boleh terlewatkan.

  5. Miniatur Indonesia 

Kenapa Jogja selalu dirindukan, banyak orang menyebut Jogja merupakan minatur dari Indonesia. Tak hanya penduduk lokal, Jogja banyak ditinggali para perantau dari berbagai daerah di Tanah Air, dari Sabang Sampai Merauke. Banyak pelajar dan mahasiswa datang ke Jogja untuk menuntut ilmu. Mereka bertemu dengan orang-orang baru dan saling mengenal. 

6. Biaya hidup murah 

Kenapa Jogja selalu dirindukan, jawaban berikutnya adalah karena biaya hidup murah. Tidak hanya makanan, kebutuhan lain seperti transportasi, pakaian, dan sebagainya sangat terjangkau. Tentunya hal ini sangat cocok bagi perantau, utamanya pelajar dan mahasiswa. Meskipun masuk kawasan wisata aktif, biaya hidup di Kota Jogja terbilang cukup murah. 

7. Seni dan budaya 

 Kenapa Jogja selalu dirindukan, di antaranya karena seni dan budayanya. Banyak seniman dan budayawan lahir di Yogyakarta. Jogja merupakan gudangnya para seniman. Keraton Yogyakarta menjadi sumber inspirasi budaya yang tiada habisnya. Keberadaannya menjadi penyeimbang dalam menghadapi serangan budaya asing yang semakin gencar masuk. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut