get app
inews
Aa Read Next : Alun-alun Pandeglang jadi Lokasi Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan

Nostalgia Era 90-an dengan Es Sum Sum, Jajanan Jadul yang Melegenda

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 10:35 WIB
header img
Nostalgia Era 90-an dengan Es Sum Sum, Jajanan Jadul yang Melegenda. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Es Sum Sum jajanan jaul berbahan alami seperti tepung beras, singkong, santan kelapa, sagu dan gula merah ini sudah ada sejak lebih dari 30 tahun silam. Bagi yang lahir pada era 90-an, tentunya juga sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas di Pandeglang, Banten ini.

Bahkan, para pedagang Es Bubur Sum Sum hingga saat ini masih eksis di tempat ini. Sebab, sudah turun temurun dari beberapa generasi.

Apalagi di saat cuaca panas terik seperti saat ini, Es Sum Sum selalu  jadi buruan warga Pandeglang, Banten  untuk menyegarkan dahaga. Cuaca panas yang terjadi beberapa bulan terakhir ternyata membawa keberkahan bagi Kang Jaja, pedagang Es Sum Sum yang selalu hadir di Jalan Bank Banten, Kelurahan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang ini.

Dagangannya selalu laris manis diserbu pecintanya. Para penikmat jajanan jadul ini mengaku senang menikmati kesegaran Es Sum Sum di saat cuaca panas yang terjadi saat ini.

Es Sum Sum sendiri terbuat dari bahan alami,  seperti tepung beras,  sagu,  singkong, gula aren dan santan asli. Untuk pewarna es ini  menggunakan pewarna alami yakni dari daun suji dan daun pandan.

Rahman,  pecinta Es Sum Sum mengatakan bahwa jajanan ini sudah ada sejak dirinya masih kecil, dahulu dirinya suka jajan es sum sum saat jam istirahat sekolah.

"Meski jadul, kuliner ini tetap eksis hingga saat ini kaya nutrisi dan alami juga harga es sum sum juga sangat terjangkau," ucapnya saat ditemui belum lama ini.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut