get app
inews
Aa Read Next : Suka Minum Jus, Kenali 7 Manfaat Ini untuk Kesehatan Tubuh

Jus yang Baik untuk Lancarkan Produksi ASI, Mudah Didapatkan!

Jum'at, 18 November 2022 | 23:01 WIB
header img
Jus yang Baik untuk Lancarkan Produksi ASI, Mudah Didapatkan! (Foto: iNews.id/MedwaxC).

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Tidak semua ibu yang mememiliki bayi lancar dalam menyusui karena ASI yang sedikit. Saat menyusi Nutrisi dalam ASI akan terserap oleh bayi maka dari itu sebagai ibu harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang berpengaruh terhadap ASI.

Sejumlah Jus yang baik untuk Ibu menyusui agar ASI tetap lancar. Buah yang didalamnya terkandung nutrisi dapat menstimulasi supaya ASI terus lancar pada saat menyusui. Ibu yang sedang dalam masa menyusui perlu mendapatkan nutrisi yang cukup supaya menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Menyusui sang buah hati langsung dengan ASI adalah upaya terbaik untuk membantu tumbuh kembang anak. Ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 2000 hingga 2500 kalori per harinya, salah satunya dengan mengkonsumsi jus buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung asam folat, zat besi serat. nutrisi dan vitamin-vitamin lainnya. Lalu, apa saja jus yang baik untuk ibu menyusui itu? Simak informasi berikut.

Berikut ini Jus yang Baik Untuk Ibu Menyusui

1. Jus Kurma

Pada buah kurma terdapat di dalamnya kadar hormon prolaktin yang mana hormon ini berfungsi untuk pendorong produksi ASI, mengandung zat besi serta vitamin B6 yang mempunyai pengaruh baik bagi Ibu menyusui.

 2. Jus Jeruk

Jeruk salah satu buah yang mengandung sumber vitamin yang sangat baik, seperti vitamin C di dalamnya yang berperan dalam membantu pertumbuhan gigi, tulang hingga otot sang buah hati melalui ASI. Selain itu, dampak vitamin C bagi Ibu adalah dapat membantu melancarkan ASI, memperkuat sistem imun tubuh, hingga menjaga kesehatan tulang.

 3. Jus Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin B, folat, vitamin C, serta asam folat yang sangat berpengaruh baik bagi Ibu dan sang buah hati. Pada alpukat juga terdapat lemak sehat yang berguna sebagai salah satu sumber energi untuk Ibu menyusui, seperti menyeimbangkan darah, meningkatkan produksi ASI, hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan potasium pada alpukat dapat meningkatkan sistem penglihatan, meningkatkan kualitas rambut, menjaga kesehatan jantung, hingga menjaga sistem pencernaan buah hati.
 

4. Jus Pisang

Buah pisang dikenal dengan kandungannya yang kaya akan fiber, yang mana fiber ini berfungsi membantu dalam mengatasi konstipasi (keadaan yang ditandai dengan sulit buang air besar atau frekuensi BAB lebih sedikit dari biasanya). Selain itu, pada pisang juga terdapat asam amino yaitu triptofan yang diklaim dapat mencegah depresi pasca melahirkan. Manfaat utama buah pisang ini adalah kandungan potasiumnya yang dinilai bagus dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan pada tubuh Ibu.


5. Jus Apel
Pada buah apel terkandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk ibu menyusui seperti kalsium, zat besi, folat, multivitamin dan lainnya. Kandungan yang terdapat pada buah apel ini dapat meningkatkan volume ASI serta dapat menjaga kualitas ASI yang akan diberikan kepada sang buah hati. Nah itulah jus yang baik untuk ibu menyusui yang mempunyai manfaat tak hanya bagi ibu namun juga bagi sang buah hati. Selain mengkonsumsi rekomendasi jus buah diatas, perlu diiringi depan pola hidup yang sehat juga
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut