get app
inews
Aa Read Next : Digigit Monyet Liar, Kondisi Bayi di Lebak Banten Kini Mulai Membaik

7 Tips Lancar Asi, Penting bagi Ibu Hamil dan sedang Meng-ASI-hi

Minggu, 16 Oktober 2022 | 14:19 WIB
header img
7 Tips Lancar ASI. Foto Freepik (freepic.diller)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Setiap Ibu ataupun calon ibu, selalu ingin memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang si kecil. ASI merupakan hal penting dan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh balita. Namun, karena satu dan lain hal, kadang ASI tidak keluar dengan lancar, akibatnya tentu saja berdampak kurang baik terhadap pertumbuhan sang buah hati. 

Tips sederhana berikut ini dapat membantu Ibu hamil yang akan menyiapkan kedatangan calon buah hati atau bagi Anda yang saat ini sedang meng-ASI-hi, ada baiknya untuk membaca tips lancar ASI, yuk disimak!

1. Susui sesering mungkin. Jangan menunggu sampai bayi gelisah apalagi sampai merengek, jangan menyusui hanya di waktu tertentu. Semakin sering Anda menyusui, maka semakin banyak ASI yang Anda produksi.

2. Hindari memberikan dot jika Anda ingin memproduksi lebih banyak ASI. Ingat, semakin jarang bayi Anda menyusu langsung, maka semakin sedikit stimulasi yang diterima untuk memproduksi ASI. Sehingga produksi ASI Anda semakin banyak 

3. Hindari susu formula semakin sering Anda memberinya susu formula, maka semakin berkurang produksi ASI Anda bahkan bukan tak mungkin lambat laun bayi akan menolak ASI dari Anda. 

4. Konsumsi makanan sehat yang bernutrisi dan bisa meningkatkan produksi ASI, seperti alpukat, telur, salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

5. Konsumsi sayuran yang dapat mempelancar asi sepert daun katuk. Daun katuk ini telah digunakan secara turun temurun untuk membantu melancarkan produksi ASI dan telah dipercaya para Ibu di Indonesia. 

6. Minum banyak air putih karena ibu menyusui biasanya gampang haus Minum air putih agar tetap terhidrasi, bertenaga, dan konsentrasi tetap terjaga. 

7. Hindari stress berlebih karena dapat menyebabkan terganggunya kuantitas, selain itu stress juga dapat mempengaruhi ASI yang dihasilkan. Memang, ibu hamil dan menyusui lebih rentan terhadap gangguan emosi akibat perubahan hormon. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat dapat menjadikan psikologis lebih relaxs.

Dengan menjalankan tips di atas, dijamin ASi akan lancar dan si kecil pun dapat tumbuh lebih optimal ya Bu. Selamat mencoba!

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut