get app
inews
Aa Read Next : Dede Rohana, Dewan Viral Banten Tak Gentar Hadapi Laporan Betsaida Hospital Mandiri Demi Bela Rakyat

Sosialisasi Pengawasan Partisipastif kepada KPJ, Bawaslu Pandeglang Dorong Warga Terlibat Pemilu

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 20:26 WIB
header img
Bawaslu Kabupaten Pandeglang menggelar sosialisasi pengawasan Partisipastif Pemilu 2024 kepada Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Pandeglang di Hotel Horizon Altama Pandeglang Sabtu, (29/10/2022). Foto Istimewa

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang  menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di Hotel Horizon Altama Pandeglang. Acara tersebut diikuti puluhan anggota Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Pandeglang pada Sabtu, (29/10/2022).

Sosialisasi  pengawasan pemilu partisipatif  merupakan upaya bawaslu untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadi pengawas dan terlibat dalam konsetansi pemilu. Sehingga terciptanya pemilu yang digelar jujur dan adil.

 

Hal itu disampaikan oleh Karsono, Anggota Bawaslu Pandeglang bahwa kegiatan  kegiatan tersebut merupakan upaya merangkul kelompok rentan yang biasanya tidak terlibat dalam kontestasi pemilu, dan diharapkan pada Pemilu serentak  2024 nanti, para pengamen jalanan ini dapat ikut berpartisipasi dalam Pemilu.

"Hari ini Bawaslu Pandeglang mengadakan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bekerjasama dengan KPJ Pandeglang. Hal ini kita lakukan dalam upaya merangkul kelompok rentan yang biasanya tidak biasanya terlibat dalam kontestasi Pemilu," ujarnya.

Oleh karena itu lanjut Karsono, diharapkan dalam Pemilu 2024 dalam rangka inklusivitas Pemilu bagi Bawaslu maka kelompok-kelompok yang rentan didalam sahabat penyanyi jalanan, pengamen dan sebagainya  pihaknya libatkan dalam pengawasan partisipatif.

Karsono menegaskan, Bawaslu Pandeglang terus berupaya melibatkan semua pihak agar Pemilu 2024 nanti akan menjadi pesta yang membahagiakan rakyat. Sehingga Pemilu tahun 2024 menjadi Pemilu yang kondusif dan menentukan arah bangsa kedepan.

"Upaya kita bagaimana Pemilu ini bisa menjadi pesta yang membahagiakan bagi semua, melibatkan semuanya, dan mengakomodir semua pihak, sehingga Pemilu tahun 2024 menjadi Pemilu yang kondusif dan menentukan arah bangsa kedepan," katanya tegas.

Selain itu, pihak Bawaslu juga akan berupaya bekerjasama dengan Disdukcapil Pandeglang agar para pengamen yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) mendapatkan haknya.

"Kita juga mencoba menginventalisir sahabat KPJ bagaimana mereka dapat menyalurkan hak pilihnya, jika teman KPJ tidak punya KTP kita akan follow up dengan Disdukcapil Pandeglang agar ter fasilitasi hak kependudukannya agar bisa memilih nanti," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPJ Pandeglang, Hedi Hedot mengapresiasi sosialisasi tersebut, karena menurutnya para pengamen yang setiap hari berada di jalan tidak tahu persoalan tentang Pemilu.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini, karena kami merasa bahwa selama ini kami  banyak dijalan kemudian kurangnya sosialisasi tentang Pemilu, sehingga ketika ikut kegiatan ini kita jadi paham bahwa kita harus memilih," ungkap Hedi Hedot.

Ia juga menyebutkan masih ada anggota KPJ Pandeglang yang belum memiliki KTP dan diharapkan dengan bekerjasama bersama Bawaslu para pengamen dapat memiliki identitas sehingga nantinya dapat menyuarakan haknya.

"KPJ Pandeglang keseluruhannya 370 orang, yang eksis 95 orang, dan asli orang Pandeglang. Saya berupaya fasilitasi yang belum memiliki KTP tapi masih banyak juga yang belum punya, mangkannya kerjasama dengan Bawaslu agar anggota KPJ memiliki KTP sehingga dapat memilih di Pemilu 2024 nanti," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut