get app
inews
Aa Read Next : Dede Rohana, Dewan Viral Banten Tak Gentar Hadapi Laporan Betsaida Hospital Mandiri Demi Bela Rakyat

Ratusan Panwascam Pemilu Resmi Dilantik, Bawaslu Pandeglang : Ini yang Terbaik Hasil Seleksi Panjang

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 22:56 WIB
header img
Pelantikan Panwascam pada Pemilu 2024 Kabupaten Pandeglang. Foto iNews

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id- Pernyataan tersebut disampaikan  oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi dalam sambutan pelantikan 105 anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) pada Pemilu serentak tahun 2024. Pelantikan tersebut  di Hotel Horizon Altama Pandeglang, Jumat (28/10/2022) malam.

"Ini hasil seleksi panjang, menghadirkan panitia pengawas. Dan ini akhir dari proses seleksi cat, wawancara dengan berbagai dinamika masukan masyarakat," ungkapnya.

Ade menjelaskan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang moment pelantikan ini istimewa pasalnya bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022. Para anggota Panwascam juga disumpah dan melakukan pembacaan fakta integritas sebelum nantinya melakukan pengawasan.


Pengambilan sumpah dalam pelantikan Panwascam pada Pemilu 2024 Kabupaten Pandeglang. Foto iNews

 

Tak hanya itu, Ade menegaskan bahwa anggota Panwascam yang dilantik  adalah yang terbaik. Hasil seleksi sesuai aturan yang ketat. "Dan kami nyatakan tidak ada namanya jual beli kuota Panwaslu kecamatan. Tidak ada nepotisme, adik kandung saya sendiri tidak lolos," kata Ade tegas.

Menurutnya, ratusan Panwascam ini merupakan hasil kerja pokja rekrutmen Panwaslu kecamatan. Oleh karenanya kepada Anggota Panwascam dilantik agar dapat menjaga amanah.

"Amanah diberikan dengan jabatan Anggota Panwaslu kecamatan jangan dihianati. Bekerja, taat pada aturan jangan pernah menggunakan kesempatan- kesempatan pesta demokrasi," tuturnya.

Setelah dilantik, tugas ke depan adalah merekrut atau mengangkat staf sekretariat. Jadi mengisi kesekretariatan.

"Kalau sudah sah dilantik anggota dipersilakan. Tugas berat lainnya adalah merekrut calon pengawas desa, ini mohon sesuai dengan fakta integritas tidak main-main karena akan kami evaluasi dan kami akan dievaluasi oleh Bawaslu Provinsi," tegasnya.

Ade mengimbau kepada anggota Panwascam untuk bekerja dengan tertib sesuai aturan. Jangan sampai ini dianggap lagi main-main. "Patuhi tidak boleh ada intervensi tidak boleh ada namanya nengok kanan kiri. Selamat bekerja silakan pilih ketua Panwascam di masing-masing kecamatan dengan musyawarah lewat pleno kecamatan siapapun jadi kami tidak pernah menjadi intervensi jangan sampai ada paksaan titipan dari luar," katanya.

Sementara Koordinator Divisi SDM (Sumber Daya Manusia), Organisasi, Pendidikan, Pelatihan pada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Lina Herlina menambahkan, jumlah Anggota Panwascam yang dilantik sebanyak 105 orang.

"Berdasarkan hasil sidang pleno. Selanjutnya setelah dilantik, anggota Panwascam itu bakal diberikan pembekalan tentang pengawasan tahapan Pemilu, serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung tugas Panwascam," kata Lina.

Sementara itu, Asda I Setda Pandeglang, Utuy Setiadi mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu itu amanah konstitusi. "Oleh karena itu secara konstitusi rakyat punya hak dan kewajiban menjadikan atau memilih wakil rakyat juga pimpinan sesuai demokrasi,"  katanya singkat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut