get app
inews
Aa Read Next : Ini Cara KJRI Promosi Bahasa Jawa di Johor Malaysia

Nahas! 547 Penumpang Kapal Ferry Terkatung-katung di Lautan

Senin, 24 Oktober 2022 | 11:42 WIB
header img
Kapal ferry dari Langkawi hendak ke Kuala Kedah terdampar, ratusan penumpang terkatung-katung. Foto APMM

ALORSETAR, iNewsPandeglang.id - Sebuah kapal Ferry membawa penumpang 547 orang terkatung-katung di laut berjam-jam karena kapal  terdampar yang disebabkan air laut  tiba-tiba surut.

Kapal nahas  tersebut membawa ratusan penumpang dari Langkawi hendak ke Kuala Kedah, Malaysia. Peristiwa terjadi pada Minggu, ( 23/10/2022) kemarin. Lebih memprihatinkan lagi ada sejumlah penumpang dilaporkan  yang mengalami sesak nafas.


Foto APMM

Pihak berwenang angkatan laut Malaysia  (Maritim Malaysia) wilayah Kuala Kedah langsung menerjunkan bantuan untuk mengevakuasi  memberikan pertolongan medis darurat menggunakan perahu sekitar pukul 17.30 waktu setempat.

Direktur  Maritim Malaysia wilayah  Kuala Kedah Komandan Angkatan Laut Noor Azreyanti Ishak mengatakan APMM membawa Kapal Perkasa 1224 Maritim Malaysia dan dibantu oleh beberapa kapal nelayan lokal karena hanya kapal kecil yang bisa berlabuh menjangkau ke ferry yang terdampar tersebut untuk mengevakuasi penumpang.

 “Maritime Rescue Sub Center (MRSC) Langkawi juga telah diinformasikan dan berkoordinasi lebih lanjut koordinasi lebih lanjut untuk memastikan semua penumpang aman untuk dievakuasi ke daratan," katanya dikutip dari Harian Metro.

Sementara itu, Manajer Operasi Sumberdaya Manusia, Konsorsium Ferry Line Ventures Sdn Bhd, Kapten Baharin Baharom mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu laporan tertulis dari kapten Feri Bahagia 98 yang kandas.

"Laporan awal, kejadian itu terjadi saat air laut berada pada ketinggian 1,7 meter, yang merupakan level yang masih aman untuk berlayar," katanya.

Selain itu, ada juga  faktor yang bisa menyebabkan kejadian itu, antara lain kapal feri yang tidak mengikuti jalur awal atau terhalang oleh pekerjaan pengerukan laut yang sedang dilakukan.

Sementara hingga Minggu malam kapal yang terdampar di Muara Kuala Kedah berhasil dibawa ke Dermaga Feri Penumpang Kuala Kedah setelah ditarik oleh kapal tunda milik salah satu perusahaan kargo  pada pukul 21.30  waktu setempat.

Sebanyak 272 penumpang berhasil diturunkan secara bertahap oleh kapal PERKASA 1224 Maritime Malaysia, kapal patroli PSC 19 Kepolisian  Malaysia (PDRM) serta bantuan beberapa kapal nelayan lokal di sekitar Kuala Kedah dan Yan.


 .

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut