get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengolah Pisang Jadi Skincare Alami, Hilangkan Jerawat dan Bikin Kulit Glowing

Apakah Boleh Minum Obat Dicampur dengan Pisang? Ini Penjelasan Secara Medis

Minggu, 23 Oktober 2022 | 20:00 WIB
header img
(Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Biasanya oragtua utuk mengajarkan anak minum obat terkadang susah dan mencobanya dengan menggunakan makanan seperti buah pisang.

Memasukkan obat dengan bantuan pisang, tidak hanya dilakukan orang dewasa yang kesulitan menenggak obat. Namun juga para orang tua, untuk menyiasati saat memberikan obat untuk anak agar mudah untuk diminum.


(Foto: Timesofindia)

Namun, jika dilihat secara medis apakah mencampurkan obat misalnya obat tablet yang sudah dihaluskan lalu dicampur konsumsinya dengan pisang ini boleh dilakukan? Dari segi ilmu kesehatan, diungkap Profesor Zullies Ikawati, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, cara seperti ini sangat tak dianjurkan.

“Enggak terbayang serbuk obat dimasukkan ke pisang. Lebih baik tetap pakai sendok, diberi air sedikit," terang Prof Zullies, kala dihubungi MNC Portal baru-baru ini.

Alih-alih dikonsumsi bersama pisang, Prof Zullies menyarankan jika si kecil memang sangat sulit minum obat. Maka pemberian obat bisa diakali dengan memakai madu.

“Atau ditambahkan madu, jika anak sudah berusia 1 tahun ke atas. Lalu diminum," tambahnya.

Menjawab kecemasan para orang tua yang kerap kesulitan meminumi obat anak-anaknya, Prof Zullies menjelaskan sebenarnya orang tua tidak perlu cemas anak akan menolak obat karena rasa yang pahit.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut