get app
inews
Aa Read Next : Eks Tim Megawati Hangestri Makan Nasi Padang Hingga Borong Buah Manggis di Indonesia

5 Makanan Kaki Lima yang Harganya Jadi Hidangan Sultan di Luar Negeri

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 18:52 WIB
header img
Sate (Foto: Nino)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Indonesia memiliki berbagai macam kulileneran yang lezat , tidak hanya lezat makanan Indonesia pun menawarkan harga yang murah. Berbeda saat kita menjumpai makanan Indonesia di Luar negeri, Makanan tersebut harganya menjadi sangat mahal.

Seperti Mi instan, mie instan memang menjadi salah satu makanan asal Indonesia yang booming di luar negeri. Tapi, selain mi instan banyak juga loh makanan asal Indonesia yang menjadi favorit di luar negeri.

Namun, ketika makanan Indonesia dijual ke luar negeri maka harga jualnya pun dibanderol tinggi. Nah, berikut beberapa makanan kaki lima yang harganya jadi makanan "anak sultan" ketika dijual di luar negeri.

1.Nasi Padang

Hidangan Indonesia yang selalu dirindukan ketika di luar negeri adalah nasi padang. Kisah ini dibagikan oleh seorang TikToker @yuanathan. Ia adalah pelajar Indonesia yang sedang studi di London. Ia mengunjungi restoran Padang di London dan terkejut harga satu porsi nasi padang di sana adalah Rp164.000.

Belum termasuk minum, jadi tambah segelas es teh seharga Rp56.000. Total biaya yang dikeluarkan untuk menikmati nasi padang di sana adalah Rp248.000. Nasi Padang memang seperti simbol awal bulan bagi anak kos, ketika mereka baru mendapat kiriman dana. Tapi kalau harganya segini ya, mending balik besar pasak daripada tiang dong.

2.Sate Ayam

Kuliner Indonesia yang juga tak kalah menarik adalah sate ayam. Sate ayam di sini dapat Anda jumpai di pinggir jalan seharga Rp15.000 - Rp50.000 untuk satu porsi berisi 10 tusuk. Namun, berbeda dengan di Jerman, 10 tusuk sate ayam dipatok seharga Rp150.000.

3.Pecel Lele

Nah, masih soal makanan kaki lima nih, pecel lele juga sekarang dapat Anda temui di luar negeri lho! Pecel Lele di sini seharga Rp10.000 – Rp17.000 atau maksimal dengan paket komplit sudah bisa Anda nikmati dengan Rp 20.000. Tetapi saat di Amerika Serikat, satu porsi pecel lele dijual seharga Rp225.000.

4.Nasi Goreng

Makanan khas Indonesia yang dapat Anda temui di kaki lima, kisaran harganya Rp 10.000- Rp 20.000. Tapi di Amerika Serikat, nasi goreng dinobatkan oleh CNN Amerika sebagai makanan terlezat ke-2 di dunia. Makanan pinggir jalan dan sederhana di Indonesia ini harganya justru melambung tinggi di Amerika. Satu porsinya dihargai USD10 atau senilai Rp 142.000 per porsinya.

5.Mie Instan

Mi instan asal Indonesia memang sudah beredar banyak di pasar internasional. Namun, jangan harap harga mi instan di sana sama dengan di Indonesia. Jika di sini Anda dapat membelinya dengan harga murah Rp2.000. Sedangkan di Jepang dijual 85-100 yen atau Rp 10.000-Rp 12.000. Bahkan di Amerika Serikat, satu bungkus mie instan dibanderol seharga USD3 atau senilai Rp42.000.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut