Kebiasaan Orang Indonesia yang Dianggap Aneh Orang Bule, Konsumsi Ceker Ayam hingga Kerokan

Hanna Ratih
.
Jum'at, 23 September 2022 | 12:05 WIB
Alpukat (Foto: iNews)

AMBON, iNewsPandeglang.id - Sejummlah kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh oleh para turis asing atau orang bule. Indonesia merupakan negara yang memilki budaya dan kebiasaan beragam. 

setiap negara memiliki keunikann dan kebiasaan berbeda-beda, Sama dengan ketika orang Indonesia mengunjungi luar negeri, pasti akan merasa aneh karena belum terbiasa dengan kebiasaan para penduduk lokal. Sama halnya ketika orang Indonesia mengunjungi luar negeri, pasti akan merasa aneh karena belum terbiasa dengan kebiasaan para penduduk lokal. 

Berikut deretan kebiasaan orang Indonesia yang dianggap aneh:

1. Kerokan

Saat seseorang sedang tidak enak badan atau masuk angin, biasanya kerokan menjadi solusi pengobatan alternatif. Cara ini membuat warga negara asing sebagai kebiasaan orang Indonesia yang aneh.  Biasanya jika sedang tidak enak badan, masyarakat luar negeri lebih memilih beristirahat dan meminum obat. Namun, di Indonesia kerokan menjadi pengobatan alternatif jika badan sedang tidak fit.


(Foto: Istimewa)

2. Tisu toilet digunakan menjadi tisu makan

Biasanya tisu makan merupakan tisu dengan tekstur agak kasar, namun di Indonesia seringkali berbeda. Banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan tisu toilet untuk pelengkap ketika sedang makan.  Kebiasaan ini dinilai aneh karena di luar negeri tisu toilet biasa digunakan ketika selesai buang air besar atau air kecil. Itulah 7 kebiasaan orang Indonesia yang di anggap aneh oleh masyarakat lauar negeri. 

3. Makan Mi Instan Pakai Nasi

Mie instan merupakan makanan cepat saji yang banyak digemari oleh banyak kalangan. Rata-rata hampir di seluruh negara masyarakatnya banyak mengonsumsi mi instan. 

Menjadi kebiasaan aneh bagi para turis, yakni kebiasaan orang Indonesia yang suka makan mi dengan nasi. Umumnya, orang Indonesia merasa lebih kenyang jika makan bersama nasi.

4. Sarapan Menggunakan Makanan Berat

Umumnya sarapan, yakni memakan makanan ringan untuk menghilangkan lapar hingga waktu makan siang. Di Indonesia, justru banyak makanan berat seperti nasi yang dijadikan menu sarapan pagi.  Kebiasaan ini dinilai aneh oleh para turis karena mereka umumnya hanya menyantap roti dengan susu ataupun kopi di pagi hari.

5. Makan Dengan Tangan

Umumnya makan menggunakan alat makan, seperti sendok dan garpu. Namun, di Indonesia banyak dijumpai makan menggunakan tangan.  Menurut para ahli, makan menggunakan tangan memberikan sensasi tersendiri karena makan menggunakan tangan dapat meningkatkan presepsi sensorik otak. Bahkan, ketika makanan baru dipegang menggunakan tangan sudah membuat otak punya presepsi jika makanan tersebut akan terasa jauh lebih nikmat. 
 

6. Mengonsumsi ceker ayam

Di luar negeri ceker biasanya bagian yang tidak dimakan dari ayam. Bagian ini justru biasanya dibuang.  Namun, berbeda dengan di Indonesia. Ceker ayam yang kurang diminati oleh orang luar negeri justru di Indonesia bisa disulap menjadi santapan lezat dan menjadi kegemaran di Indonesia.

7. Membuat hidangan dari buah alpukat

 Alpukat biasanya dijadikan sebagai tambahan pelengkap makanan seperti sayuran. Di beberapa negara alpukat dijadikan bahan untuk membuat sushi.  Lain halnya di Indonesia, alpukat biasanya dijadikan sebagi bahan untuk membuat sajian penutup atau sajian yang manis dan ringan, sperti jus alpukat ataupun es alpukat kocok.

Editor : Iskandar Nasution
Bagikan Artikel Ini