get app
inews
Aa Read Next : Mengungkap Khasiat Luar Biasa Jambu Biji Merah

Cara Mengobati Flu dengan Cepat, Nomor 6 Kunci Kesembuhan

Selasa, 04 Oktober 2022 | 16:20 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id –. Saat memasuki musim pancaroba, flu menjadi salah satu penyakit paling umum bagi banyak orang. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Gejala flu yang biasa dialami diantaranya demam, sakit kepala, batuk, nyeri, kehilangan nafsu makan dan sakit tenggorokan. 

Gejala flu memburuk selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan pulih. Penularannya terjadi ketika orang yang sakit secara tidak sengaja menghirup percikan air liur yang dikeluarkan penderita melalui bersin atau batuk.  Flu juga dapat ditularkan ketika tangan menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang benda yang terkena percikan air liur penderita. 

Selain mengonsumsi obat khusus pereda sakit flu, simak beberapa cara mengatasi flu dengan cepat:

1. Penuhi Kebutuhan Gizi

Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga penting memenuhi kebutuhan gizi yang mengandung protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, gandum, beras merah dan sayuran berwarna yang kaya antioksidan

2. Perbanyak Minum Air

Saat gejala flu muncul, penting untuk segera minum air atau jus untuk menghindari gejala dehidrasi, seperti sakit tenggorokan atau hidung tersumbat.  Selain memperbanyak minum air, makan sup ayam atau sayur bayam untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Makan buah yang mengandung air seperti semangka juga dapat menjaga tubuh dari dehidrasi.

3. Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C diketahui dapat membantu mencegah flu. Tak hanya itu, Vitamin C juga bisa mempersingkat serangan flu. Saat flu, coba tingkatkan asupan vitamin C dengan cara minum jus jeruk, makan buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti stroberi dan kiwi serta makan sayuran hijau. 

4. Bersihkan Hidung

Saat hidung terasa penuh dengan lendir, segera bersihkan dengan benar. Namun, hati-hati jangan terlalu keras atau terlalu sering karena membersihkan saluran hidung dan membuang lendir berlebihan membuat lendir terjebak di dalam rongga sinus dan dapat menyebabkan peradangan.

 Cara yang benar untuk membersihkan hidung dengan menutup satu lubang hidung dengan jari dan membuang napas perlahan melalui lubang hidung lainnya. Cara ini dapat diulangi untuk lubang hidung lainnya. 

5. Menggunakan Air Garam

 Cara alami untuk mengatasi tenggorokan gatal, yaitu dengan minum segelas air hangat dengan setengah sendok teh garam dapur.  Garam dinilai dapat menarik kelebihan air dari jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan dan mengurangi lendir serta melemaskan tenggorokan dan meredakan iritasi pada tenggorokan.

Selain diminum, cara ini juga dapat digunakan untuk membersihkan rongga hidung dengan memiringkan kepala dan tuangkan larutan garam ke satu lubang hidung.  Larutan tersebut akan keluar dari lubang hidung yang lain. Cara ini dapat diulangi untuk lubang hidung lainnya. Berhati-hatilah menggunakan cara ini. Jika masih bingung, konsultasikan dengan dokter.

6. Istirahat Cukup

Upaya ini merupakan salah satu kunci untuk mengatasi flu lebih cepat. Istirahat sejenak agar proses pemulihan berjalan secara maksimal.  Tubuh seseorang tidak dapat melawan virus dengan baik jika tidak cukup istirahat. Sebaiknya, beristirahat segera setelah merasakan gejala flu. 

 7. Mandi Air Hangat

Upaya ini diyakini dapat membantu menyembuhkan pilek dan flu. Air hangat memiliki efek menenangkan dan rileks pada tubuh.  Cara tersebut akan mempercepat proses pemulihan dan membantu meredakan flu atau pilek. Selain itu, mandi air hangat dapat meningkatkan kualitas tidur serta menjadi semakin nyenyak.  Saat pilek atau flu dan hidung tersumbat, cobalah tidur dengan posisi kepala ditinggikan. Cara ini akan mengeringkan saluran hidung dan membantu tidur lebih nyenyak. 

8. Minum Minuman Panas

 Saat flu atau pilek, cobalah minum minuman hangat. Sama halnya seperti mandi air hangat, minuman panas seperti teh panas atau air panas dapat membantu membersihkan hidung dan meredakan gejala sakit tenggorokan.  Minuman panas tersebut dapat berupa teh hangat dengan lemon dan madu.

9. Perawatan Uap Panasnya

 uap dapat meredakan lendir dan menenangkan saluran hidung yang kering. Cara ini tidak perlu dilakukan di rumah sakit karena bisa melakukan perawatan uap ini di rumah. 

Pertama, tuangkan air panas ke dalam mangkuk atau wadah yang telah ditentukan. Kemudian, lakukan posisi wajah di atas wadah sehingga uap mengenai wajah dan hirup uapnya perlahan. Nah, itu cara mengatasi flu dengan cepat yang bisa dilakukan di rumah. Semoga cara ini dapat membantu agar proses penyembuhan lebih cepat.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut