get app
inews
Aa Read Next : 5 Jenis Olahraga ini Ampuh Turunkan Lemak Dengan Cepat

7 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Batu Ginjal

Senin, 05 Desember 2022 | 07:20 WIB
header img
7 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Batu Ginjal (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id- Rutin untuk minum air lemon di pagi hari, bisa menjadi pilihan bagi setiap orang yang ingin memulai gaya hidup sehat. Ada yang meminumnya dengan murni, ada juga yang ditambahkan dengan madu sebagai pemanis alami.

Buah lemon dikenal memiliki sumber vitamin C terbaik. Buah berwarna kuning ini juga mengandung senyawa aktif yang dikenal baik untuk kesehatan, seperti, polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid.

Mungkin Anda juga sesekali pernah mendengar, rutin minum air lemon di pagi hari atau malam hari sebelum tidur jadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

Well, secara medis memang memulai hari Anda dengan meminum segelas air lemon mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Berguna untuk sistem pencernaan, menjaga tubuh agar tak dehidrasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tanpa perlu berlama-lama, seperti dijelaskan dokter ahli penyakit dalam Roxanne B. Sukol, MD, MS, dilansir dari Clevelan Clinic, Sabtu (3/12/2022) berikut tujuh alasan untuk memulai hari dengan segelas air lemon.

1. Penurunan berat badan: Ya, air lemon di pagi hari disarankan untuk yang tengah berjuang menurunkan berat badan. Alih-alih latte, lebih baik menenggak air lemon di pagi hari untuk memulai hari. Mengubah kebiasaan kecil dan sederhana seperti ini, bisa bermanfaat untuk mengecilkan garis pinggang Anda.

2. Bantu sistem pencernaan: Zat asam berguna untuk memecah makanan, nah asam dalam lemon mungkin sangat membantu dalam menambah kadar asam lambung, yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia seseorang.

3. Menghidrasi: Banyak orang yang suka kurang minum air mineral atau cairan sehari-hari, sampai dehidrasi. Kebiasaan minum air lemon setiap hari adalah cara mudah untuk membantu tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

4. Mencegah oksidasi: Buah lemon mengandung fitonutrien, yang melindungi tubuh kita dari penyakit. Fitonutrien ini memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang bekerja untuk mencegah kerusakan sel akibat oksidasi, mekanisme yang sama yang menyebabkan karat. Artinya, minum air lemon bisa mencegah tubuh untuk mengalami kerusakan sel akibat oksidasi.

5. Memberikan dosis vitamin C yang sehat: Hanya dengan minum air lemon, kita sudah memastikan asupan lebih dari seperenam vitamin C harian untuk tubuh, yang mana asupan ini dibutuhkan untuk melindungi kita dari kerusakan sel dan memperbaiki cedera.

6. Komunikasi saraf: Tubuh tidak bisa berfungsi tanpa potassium, kandungan ini diperlukan untuk komunikasi saraf-otot, mengangkut nutrisi dan limbah serta pengaturan tekanan darah. Buah dan sayuran merupakan sumber potasium yang penting, salah satunya bisa diberikan oleh lemon.

7. Mencegah batu ginjal: Air lemon membantu mencegah batu yang menyakitkan pada orang-orang yang kekurangan sitrat urin (suatu bentuk asam sitrat). Lebih penting lagi, peningkatan cairan membantu mencegah dehidrasi, yang mana menjadi penyebab umum batu ginjal.

Itulah manfaat memulai hari dengan minum air lemon, semoga bermanfaat.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut