get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Banten 2 Mei 2024 : Hujan Sedang-Lebat di Sejumlah Wilayah di Siang/Sore Hari, Ini Lokasinya

Pemudik Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem Akibat Dinamika Atmosfer Sangat Dinamis

Selasa, 26 Maret 2024 | 13:01 WIB
header img
Ilustrasi Cuaca ekstrem berupa hujan badai dengan intensitas tinggi dan angin kencang menerjang kawasan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Foto dok Iskandar Nasution

JAKARTA, iNewsPandeglang.id- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik  pemudik untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrem selama arus mudik dan balik lebaran karena cuaca ekstrem masih mungkin terjadi di beberapa wilayah dengan masuknya musim pancaroba. Pemantauan terus-menerus terhadap informasi cuaca dianjurkan, terutama bagi pengguna transportasi laut.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengimbau seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk waspada terhadap kemungkinan cuaca ekstrem selama arus mudik karena dinamika atmosfer di Indonesia sangat dinamis dan dapat berubah dengan tiba-tiba. Ini disampaikannya usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta pada tanggal 25 Maret 2024.

Dwikorita menyerukan pemudik untuk aktif memantau informasi cuaca sebelum melakukan perjalanan, dan jika kondisi cuaca buruk, disarankan untuk tidak memaksakan diri terutama bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi laut.

Menurutnya, lebih baik menunggu hingga kondisi cuaca normal karena sangat berbahaya bagi perjalanan. Dia menyarankan untuk terus memantau perkembangan informasi cuaca, peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut, tsunami, dan gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS).

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut