Logo Network
Network

Terungkap! Dugaan TBC dan Campak Massal Menyerang Baduy, Begini Temuannya

Epul Galih
.
Selasa, 27 September 2022 | 18:48 WIB
Terungkap! Dugaan TBC dan Campak Massal Menyerang Baduy, Begini Temuannya
Pengambilan sampel darah terkait dugaan TBC massal warga Baduy, petugas menyisir rumah-rumah warga pada Senin, (19/9/2022). Foto Istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id -  Investigasi pihak Dinas Kesehatan Lebak atas dugaan TBC dan campak massal menyerang sejumlah warga di Baduy, Kabupaten Lebak, Banten dengan mengambil sample darah dan dahak akhirnya  selesai. Hasilnya ada  tiga sample darah dinyatakan positif terindentifikasi campak.

"Informasi yang saya dapatkan dari hasil sample darah yang diuji lab ada tiga yang dinyatakan positif campak sedangkan yang lainnya negatif. Namun saat ini kami terus memonitoring ketat hingga sebulan ke depan," ujar Kepala Puskesmas Cisimeut, Kecamatan Leuwidamar, Dede Herdiansyah dihubungi iNewsPandeglang Selasa, (27/9/2022).

Dede mengaku pihaknya bersama Kemenkes sudah tiga kali investigasi sejak bulan September ini. Saat ini kata dia, Dinkes bersama relawan sudah menyisir para balita di Baduy untuk memberikan imunisasi.

"Kita juga saat ini terus melakukan pendampingan maupun pemahaman kepada warga akan bahaya penyakit tersebut," tuturnya.

Selain itu, dia pun tak menampik ada sejumlah warga Baduy yang terserang Tubercolosis (TBC). Menurutnya untuk penyebab dugaan TBC warga Baduy salah satu faktor yang berpengaruh adalah faktor udara lingkungan dalam rumah.

"Ya kemungkinan besar dugaan yang berpengaruh adalah faktor lingkungan, seperti sistem udara rumah, apalagi rumah adat Baduy Dalam hanya memiliki satu pintu. Kalau dari pembakaran lahan yang saat ini sedang musim itu kemungkinan paling-paling penyakit ISPA," ucapnya.

Dede berharap kondisi penyakit yang menyerang warga Baduy ini segera normal kembali seperti semula. Petugas terus berupaya meminimalisir untuk menekan penyebaran penyakit ini di Baduy.

Dari informasi yang dihimpun berbagai sumber penyakit campak bisa menyasar terhadap anak-anak maupun orang dewasa. Penyebabnya adanya infeksi virus rubeola. Virus ini hidup pada lendir dan juga tenggorokan.

Jika terinfeksi campak yang gejalanya akan dirasakan seperti demam ringan, batuk kering, plek, muncul bercak putih, muncul ruam merah, dan lain-lain. Namun jika diobati dengan benar, campak akan cepat sembuh. Maka dari itu pemerintah saat ini terus berupaya memulihkan kondisi Dugaan TBC dan Campak Massal di Baduy.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini