get app
inews
Aa Read Next : 25 Ide Usaha Kreatif Bikin Laris di Bulan Ramadan dengan Modal Minim, Apa Saja?

Cara Pembuatan Perencanaan Usaha Beserta Contohnya

Selasa, 13 September 2022 | 22:20 WIB
header img
Contoh perencanaan usaha (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kamu ingin buka usaha atau bisnis? Berikut ini contoh perencanaan usaha yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin membuka bisnis baru. Perencanaan usaha atau business plan adalah sebuah dokumen yang memuat rencana atu penggambaran tentang bisnis yang akan dijalankan, produk, serta cita-cita yang ingin dicapai perusahaan.

Perencanaan usaha ini sangat diperlukan, terutama pada awal pembentukan sebuah usaha. Karena dengan begitu bisnis yang dijalankan memiliki tujuan dan pengembangannya akan lebih terarah. Selain itu, perencanaan usaha juga dapat digunakan sebagai alat untuk mendapatkan investor, sebab di dalamnya memuat hal yang akan dilakukan saat bisnis dijalankan nantinya.

Adapun isi rencana usaha pada umumnya adalah sebagai berikut:

- Profil Usaha: Sejarah, Visi, dan Misi

- Deskripsi dan keunggulan produk

- Peta persaingannya

- Strategi Pemasaran

- Tim - Target Penjualan

- Kebutuhan investasi

- Penutup Berikut ini iNews.id telah merangkum contoh perencanaan usaha yang bisa memberikanmu gambaran.

Contoh Perencanaan Usaha

Cara Membuat Perencanaan Usaha

Sebelum melihat contoh perencanaan usaha, ada baiknya kamu mengetahui cara membuat perencanaan usaha terlebih dahulu. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa langkah membuat perencanaan usaha yang perlu kamu ketahui.

1. Lakukan Riset 

Sebelum membangun sebuah usaha, penting untuk melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu. Riset ini akan membantumu membuat perencanaan usaha yang efektif. Proses riset dan pengembangan dapat membantu perusahaan untuk memetakan produk, pasar sasaran, dan kompetitor.

 2. Membuat Profil Usaha

Profil ini sangat penting untuk menjelaskan secara singkat tentang bidang serta kualitas dari usaha atau bisnis yang kamu miliki. Selain itu, profil usaha juga dapat memproyeksikan rencana bisnis kamu ke depannya. Di dalam profil usaha ini biasanya berisi visi dan misi usaha, serta keunggulan dari usaha kamu miliki. Buatlah profil usaha semenarik mungkin agar dapat menarik pembeli maupun investor.

3. Buat Gambaran Detail Produk

Buatlah gambaran produk usaha kamu sedetail mungkin. Ini akan membantu memberikan gambaran informasi bisnis kepada pihak-pihak terkait.

4. Tentukan Target Market

Pada tahap ini kamu perlu menyesuaikan kualitas serta harga produk dengan segmennya. Dengan begitu, produk yang kamu tawarkan dapat lebih mudah diterima oleh pasar. 

5. Analisa Kompetitor

Penting untuk membuat dokumen tentang kekuatan dan kekurangan dari kompetitor atau bisnis pesaing. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk pesaing, kamu dapat menganalisis hal apa yang perlu bisnismu tingkatkan.

6. Buat Rencana Pembiayaan

Hal yang sering pelaku bisnis abaikan saat melakukan perencanaan usaha adalah rencana pembiayaan dan pembukuan. Padahal, ini merupakan salah satu bagian penting saat memulai sebuah bisnis. Hitung secara terperinci modal awal, pengeluaran serta proyeksi laba yang akan dihasilkan. Catat semua secara rinci dan teratur untuk memudahkan evaluasi.

Contoh Perencanaan Usaha

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat perencanaan usaha, selanjutnya kamu dapat menyimak contoh perencanaan usaha berikut ini. Usaha Cafe

1. Struktur Organisasi

- Nama Perusahaan: Kopi Ngopi - Jenis usaha: Cafe

-Alamat usaha: Jalan Belimbing No 10 Jakarta

2. Visi dan Misi Perusahaan

- Visi: Menjadi cafe populer yang dapat terus bertahan mengikuti trend yang ada serta mampu menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman berkualitas dengan pelayanan profesional. - Misi: Menyediakan berbagai jenis minuman kopi maupun minuman lainnya serta makanan bercita rasa enak dan memberikan pelayanan yang profesional pada pelanggan.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut