get app
inews
Aa Read Next : Buru Hacker Bjorka, Polri akan Jalin Kerja Sama dengan Pihak Luar Negeri

MyPertamina Jadi Target Hacker Bjorka, Begini Tanggapan Pertamina

Minggu, 11 September 2022 | 12:50 WIB
header img
MyPertamina Jadi Target Hacker Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - PT Pertamina (Persero) buka suara soal pernyataan hacker Bjorka di akun twitter DarkTracer. Dalam cuitannya, Bjorka berencana mempublikasikan data-data MyPertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan bahwa pihaknya sangat memperhatikan keamanan data konsumen, khusus di aplikasi MyPertamina. Menurutnya, Pertamina sudah menerapkan standar keamanan informasi.

Termasuk, perseroan sudah berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjaga keamanan data pendaftar program subsidi BBM.

"Pertamina sangat memperhatikan keamanan data konsumen. Kami telah menerapkan standar keamanan informasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung pengamanan data. Pertamina berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjaga keamanan data pendaftar program subsidi tepat," ungkap Irto saat dikonfirmasi, Minggu (11/9/2022).

Adapun hingga 7 September 2022, jumlah penguna kendaraan roda 4 yang mendaftarkan kendaraannya di aplikasi MyPertamina sebanyak 2,1 juta atau hanya 6,4 persen dari total populasi kendaraan yang ada di Indonesia, yaitu 33 juta kendaraan.

Aplikasi tersebut merupaka skema transaksi terbaru yang dirilis Pertamina untuk membatasi pembelian BBM bersubsidi, terutama Pertalite dan Solar. Keberadaan aplikasi ini sempat mencuri perhatian banyak pihak, lantaran ada yang mendukung dan pula yang menolaknya.

Terkait dengan rencana aksi Peretasan data MyPertamina, Bjorka mengungkapkan alasam bahwa aksi tersebut bagian dari dukungannya terhadap masyarakat Indonesia yang menolak kenaikan BBM yang diumumkan pemerintah pada awal September lalu.

"Untuk mendukung orang-orang yang berjuang melakukan demonstrasi di Indonesia terkait harga BBM. Saya akan mempublikasikan database MyPertamina segera," ujar Hacker Bjorka berdasarkan hasil tangkapan layar di grup Telegram yang disebar oleh akun DarkTracer.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut