Logo Network
Network

Ramalan Jokowi Terkait Masyarakat Bergejolak Demo Kenaikan Harga BBM Ternyata Benar, Baca di Sini

Feby Novalius, Okezone
.
Senin, 05 September 2022 | 19:03 WIB
Ramalan Jokowi Terkait Masyarakat Bergejolak  Demo Kenaikan Harga BBM Ternyata Benar,  Baca di Sini
Ramalan Jokowi soal Demo Kenaikan Harga BBM Ternyata Benar. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Ramalan Presiden Jokowi soal kenaikan harga BBM direspons demo ternyata benar. Usai pemerintah menaikan harga BBM Pertalite hingga Pertamax, serikat pekerja berencana melakukan aksi unjuk rasa pada 6 September 2022.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan akan ada puluhan ribu buruh yang akan menggelar demo. Adapun aksi demo buruh di Jakarta akan dipusatkan di depan Gedung DPR.

Buruh meminta Pimpinan DPR memanggil Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan para menteri yang terkait dengan kebijakan kenaikan harga BBM.

"Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, maka Partai Buruh dan KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10% sampai 13%," ujar Said.

Presiden Aspek Indonesia Mirah Sumirat menambahkan kebijakan kenaikan harga BBM subsidi akan sangat memukul daya beli rakyat, memicu lonjakan inflasi dan juga akan mengganggu pertumbuhan ekonomi nasional.

"Tugas pemerintah adalah untuk mensejahterakan rakyat, bukan membebani rakyat apalagi mengeluh kepada rakyat," ujarnya.

Mirah mengatakan bahwa kenaikan harga BBM di tengah kondisi masyarakat yang belum pulih akibat pandemi Covid-19 bukti pemerintah tidak peduli dengan masyarakat.

Padahal kata dia, sesuai amanat Konstitusi UUD 1945, pemerintah harus mensejahterakan rakyat.

Dia pun meminta pemerintah harus tetap memberikan subsidi kepada rakyat, apalagi yang menyangkut kebutuhan hajat hidup rakyat.

Ramalan Presiden Jokowi 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung masalah harga BBM di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari imbas perang Rusia-Ukraina yang membuat harga minyak dunia meroket.

Sejumlah negara lain menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga dua kali lipat. Namun, jika terjadi kenaikan BBM di Indonesia, Presiden mengkhawatirkan akan terjadi gejolak di masyarakat.

“Bayangkan kita naik kadang-kadang 10 persen saja, demonya 3 bulan. Ini (negara-negara lain) naik dua kali lipat artinya 100 persen naik” ujar Jokowi dalam Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia sebagaimana ditayangkan langsung Youtube Sekretariat Presiden yang diikuti dari Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Selain minyak, kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas gas, dan komoditas pangan seperti kedelai dan gandum.

“Harga gandum misalnya. Karena suplai gandum dunia itu (dari) Ukraina, Rusia, Belarusia, semuanya. (Jadi) lari ke mana-mana, kelangkaan energi, kelangkaan pangan,” kata Presiden.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.