get app
inews
Aa Read Next : Demo APDESI di Jakarta, Ribuan Aparat Gabungan Dikerahkan

Ratusan Mahasiswa Lampung Berunjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM

Kamis, 15 September 2022 | 14:55 WIB
header img
Mahasiswa di Lampung Utara demo tolak kenaikan harga BBM (Jimi Irawan/MNC Portal)

LAMPUNG UTARA,iNewsPandeglang.id - Gelombang demo menolak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak)  terjadi di Lampung Utara. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lampung Utara, berunjuk rasa.

Sekitar 700-an mahasiswa turun ke jalan menyampaikan orasinya itu di tiga tempat yaitu Kantor Pemkab Lampung Utara, Tugu Bundaran Payan Mas, dan Kantor DPRD setempat.

Para mahasiswa ini menyampaikan beberapa poin isi tuntutan yaitu, IMM Lampung Utara mendesak seluruh anggota DPRD Lampung Utara,  bersikap tegas melakukan penolakan kenaikan BBM bersubsidi, sekaligus meminta presiden membatalkan kebijakan itu.

Kemudian mendesak pemerintah agar memberikan solusi kepada seluruh masyarakat menengah kebawah terkait dampak kenaikan BBM.

"Kami juga mendesak pemerintah daerah agar segera berbenah dan memberikan solusi  segera mungkin untuk memperbaiki perekonomian Lampung Utara. Kabupaten ini  menjadi daerah termiskin dan terburuk se-Provinsi Lampung," kata Okta Irjun Saputra, Korlap aksi demo, Kamis (15/9/2022).

Okta menambahkan, pihaknya  juga mendesak pemerintah daerah segera menindak tegas pejabat Lampung Utara yang melakukan tindak pindana korupsi.

Kemudian IMM juga menolak pasal – pasal yang bermasalah dalam Undang-undang RKUHP. 

Asisten I Pemerintah Kabupaten Lampung Utara Mankodri saat menerima aksi mahasiswa dihalaman kantor setempat mengatakan akan menindaklanjuti tuntutan mahasiswa dan menyampaikanya pada pimpinan.

"Kami menerima tuntutan adik-adik mahasiswa dan akan kita sampaikan kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati," kata Mankodri. 

Usai berorasi di kantor Pemkab, para demonstran melanjutkan aksinya di bundaran Tugu Payan Mas. Kemudian bertolak ke gedung DPRD setempat.

Ratusan personel Polres Lampung Utara bersama TNI disiagakan dalam pengamanan aksi unjuk rasa itu.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut