get app
inews
Aa Read Next : Momen Warga Pandeglang Panik saat Rasakan Gempa Berkekuatan M4,9

Geger! ODGJ Bakar Rumahnya Sendiri di Malang

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 06:56 WIB
header img
(Foro: Ilusdtrasi, iNews)

MALANG, iNewsPandeglang.id - Warga Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, dibuat panik dengan ulah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang membakar rumahnya sendiri. Akibat ulahnya, warga yang tengah beristirahat pada Kamis dini hari (18/8/2022) ini geger.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rumah ODGJ ini berlokasi di Jalan Satria Barat, Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Ketua RT Setempat Suwiryo membenarkan kejadian kebakaran rumah yang diakibatkan ulah penghuninya. Menurutnya pria ODGJ ini sehari-harinya tinggal bersama ayahnya Wiyono (77). Saat itu, pria berinisial PA ini naik sepeda motor di jalanan kampung.

"Warga di sekitar sini sudah paham kelakuannya, jadi didiamkan saja. Orangtuanya sempat memukuli beberapa tiang listrik dan tiang bendera untuk meminta bantuan warga," kata Suwiryo, kepada wartawan pada Kamis (18/8/2022).

Namun, warga tak ada yang merespon, dikarenakan warga juga ketakutan dengan ulah PA. Kemudian, orangtua PA ini kembali ke rumahnya dan mendapati rumahnya sudah terbakar.

"Ternyata pelaku ini sudah sampai duluan dan membakar rumah. Akhirnya kita menghubungi pemadam kebakaran," tuturnya.

Di sisi lain, Kepala UPT Pemadam kebakaran Kota Malang Teguh Budi Wibowo menyatakan pihaknya yang menerima laporan pada Kamis dini hari langsung mengerahkan tiga unit damkar dan 18 petugas untuk memadamkan rumah yang dibakar.

"Kami langsung bergerak cepat mengatasi kebakaran. Sebelumnya warga berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya. Kami butuh waktu 30 menit untuk mengatasi kebakaran tersebut," ungkap Teguh Budi Wibowo.

Kapolsek Blimbing Kompol Yanuar Rizal Ardianto menyatakan, pelaku telah berhasil diamankan dan langsung dibawa ke rumah sakit jiwa Lawang untuk penanganan lanjutan.

"Sudah diamankan setelah kejadian. Selanjutnya atas persetujuan keluarga yang bersangkutan dibawa menuju RSJ Lawang untuk mendapat penanganan dan perawatan medis," pungkasnya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut