Dinilai Berhasil, Pemkab Pandeglang Terima Penghargaan Universal Health Coverage Award 2024

Iskandar Nasution
Pemkab Pandeglang terima penghargaan Universal Health Coverage UHC 2024 dari BPJS Kesehatan, dan diterima oleh Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (8/7/2024). Foto Ist

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang dinilai berhasil dalam mengimplementasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan upaya Pemkab Pandeglang dalam memastikan warganya memiliki akses yang adil dan merata terhadap layanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau.

Penghargaan ini diberikan oleh BPJS Kesehatan, dan diterima oleh Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, dalam sebuah acara di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (8/7/2024) yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, serta Menko PMK, Muhadjir Effendi. UHC Award 2024 yang diterima Pandeglang berada dalam kategori Pratama, menunjukkan kemajuan daerah tersebut dalam memperluas cakupan kesehatan universal.

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, dalam kesempatan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024, menyatakan bahwa UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang bermutu dengan biaya yang terjangkau. 

"UHC memiliki dua elemen inti: pertama, akses terhadap layanan kesehatan yang adil dan berkualitas bagi setiap warga; dan kedua, perlindungan terhadap risiko finansial ketika warga memanfaatkan layanan kesehatan tersebut," katanya.

Tanto berharap bahwa penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi Pemkab Pandeglang untuk terus berkomitmen dalam meningkatkan cakupan kesehatan universal, sehingga semua orang dapat mengakses berbagai layanan kesehatan berkualitas tanpa terkendala biaya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Cindy Agustiani, mengungkapkan bahwa capaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Pandeglang saat ini telah mencapai 95,70%. Namun, tingkat keaktifan peserta JKN masih berada di angka 69,63%. "Ke depannya, BPJS Kesehatan akan berupaya untuk meningkatkan capaian ini, dengan target meningkatkan kategori UHC dari Pratama menjadi Madya," kata Cindy tegas.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network