Bikin Wajah Jadi Bersih, Kenali 9 Manfaat Keringat bagi Kesehatan

Epul Galih
Foto Ilustrasi/Preefik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Sebanyak 9 manfaat keringat bagi kesehatan menarik diketahui. Keringat sering dianggap sebagai tanda tubuh bekerja keras, terutama saat berolahraga. 

Namun, manfaatnya jauh lebih luas daripada hanya menurunkan suhu tubuh. Keringat merupakan salah satu produk metabolisme tubuh yang berasal dari kelenjar di lapisan kulit yang lebih dalam atau dermis. 

Meskipun mayoritas komponen keringat adalah air, keringat juga mengandung beberapa garam dan memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh dan kesehatan, terutama setelah melakukan aktivitas berat.  Berikut ini adalah sembilan manfaat keringat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui kami rangkum dari berbagai sumber: 

1. Membersihkan Kulit

Keringat membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang terperangkap di dalamnya. Ini bisa membantu mencegah jerawat dan membuat kulit wajah tampak lebih bersih dan sehat.

2. Detoksifikasi Tubuh

Melalui keringat, tubuh dapat mengeluarkan racun seperti alkohol, kolesterol, dan garam berlebih. Proses ini membantu membersihkan sistem tubuh dari zat-zat berbahaya.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berkeringat meningkatkan aliran darah ke kulit dan otot, membantu mengirimkan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Mengatur Suhu Tubuh

Keringat adalah mekanisme pendingin alami tubuh. Ketika suhu tubuh meningkat, keringat menguap dari kulit, menurunkan suhu tubuh dan mencegah overheating.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Keringat mengandung peptida antimikroba yang dapat melawan bakteri, virus, dan jamur. Ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network