Tips Membersihkan Wajah Agar Tak Timbulkan Komedo dan Jerawat

Kiki Oktaliani
Tips Membersihkan Wajah Agar Tak Timbulkan Komedo dan Jerawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pori-pori tersumbat bisa terjadi ketika sel-sel kulit mati, minyak di wajah (sebum), dan bakteri terperangkap di pori-pori kulit. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele karena dapat memicu munculnya komedo dan jerawat.

Pori-pori memiliki fungsinya sebagai pembawa minyak ke permukaan kulit, sehingga bisa melindungi dan melembabkan kulit.  Namun, terkadang sebum, sel kulit mati, dan zat lain terperangkap di dalam pori-pori. Nah, pori-pori yang tersumbat inilah yang bisa menyebabkan jerawat, terutama jika meradang.

Maka dari itu, pori-pori kulit wajah ini harus dibersihkan agar tak tersumbat oleh berbagai kotoran, minyak, dan tumpukan sel kulit mati. Bagaimana cara membersihkannya sendiri di rumah? Intip ulasannya berikut ini, sebagaimana diwarta Medicalnewstoday, Rabu (9/11/2022).

1. Dibersihkan dengan lembut: Pilih pembersih lembut dengan pH seimbang. Cuci wajah sampai bersih, sebanyak dua kali sehari dengan air hangat. Ini cara yang tak menyebabkan iritasi untuk menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel mati dari kulit wajah. Mengingat, menggosok terlalu kuat bisa bikin kulit kemerahan dan menarik perhatian ke pori-pori yang tersumbat.

2. Pakai produk non comedogenic: Ini artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Produk yang dimaksud bisa produk makeup, perawatan kulit, dan sunscreen. Baca labelnya, dan pilih yang menurut labelnya non komedogenik atau bebas minyak.

3. Jangan menggaruk bagian komedo: Sangat menggoda memang menggaruk bagian ini. Tapi kebiasaan tak baik ini bisa memperburuk kondisi kulit dengan menyebabkan kerusakan pada kulit.

4. Eksfoliasi kulit: Rutinitas ini bisa membantu mengurangi tekstur pori-pori yang tersumbat dan, dalam beberapa kasus bahkan bisa membantu membuka blokirnya, alias penyumbatannya.

Itulah 4 cara membersihkan wajah agar tidak menimbulkan komedo dan jerawat, yuk lakukan!

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network