Cegah Penyelundupan Benih Lobster, KKP Gelar Operasi Bersama di Pelabuhan Merak

Iskandar Nasution
Upacara Pembukaan Pengawasan dan Penindakan Penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) di Pelabuhan Merak. Foto iNews/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  menggelar operasi bersama Pengawasan dan Penindakan Penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) di Pelabuhan Merak. Hal itu guna mencegah penyelundupan benih lobster keluar Indonesia khususnya melalui jalur Pulau Jawa ke Sumatera, Senin (18/12/2023).

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan operasi bersama yang dipimpin langsung oleh  Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Laksamana Muda TNI Dr. Adin Nurawaluddin, M.Han bersama TNI AL, Polri, Bakamla, ASDP dan instansi terkait lainnya.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Laksamana Muda TNI Dr. Adin Nurawaluddin, pihaknya bersama instansi terkait 
menggelar operasi bersama untuk mencegah penyelundupan Benih Bening Lobster ke luar Indonesia.Operasi pengawasan dan penindakan bersama tersebut akan dilaksanakan sampai dengan akhir tahun khususnya di Pelabuhan penyebrangan Merak terhadap kendaraan yang mengangkut BBL.

Menurutnya, Integrasi lintas sektor dalam operasi pengawasan dan penindakan penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) sangat penting  untuk mencapai keberhasilan. Koordinasi yang baik antar sektor penangkapan, pengepul, ferry, bandara udara, dan operasi laut akan meningkatkan efektivitas tindakan pencegahan. 

" Kegiatan  tersebut sifatnya masih parsial. Jadi sudah dilakukan oleh teman-teman kepolisian di berbagai polda, di berbagai Polres. Kemudian juga teman-teman di bandara," ucapnya kepada wartawan, Senin (18/12/2023) di Pelabuhan Merak.

"Nah harapannya dengan kegiatan operasi bersama ini, kita lebih bersinergi, berkolaborasi. Sebetulnya harapannya kita lebih powerful dalam masalah kegiatan pengawasan dan juga ada perlindungan," sambungnya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network