Fikri dan Fiki, Si Kembar Berprestasi asal Pandeglang di Rusia Ngaku Kesulitan Pulang ke Tanah Air

Yogi Hardi
Muhammad Fikri Sultan dan Muhammad Fiqi Sultan (Kiri dan Kanan) mahasiswa berprestasi asal Pandeglang di Rusia. Foto Ig @arlandnovari

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Muhammad Fikri Sultan dan Muhammad Fiqi Sultan, Dua mahasiswa berprestasi asal Pandeglang, Banten telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Fikri dan Fiki, Si Kembar asal Pandeglang  ini sukses meraih penghargaan sebagai mahasiswa asing berprestasi di Kazan Federal University Rusia beberapa waktu lalu.

Diketahui,  Muhammad Fikri Sultan dan Muhammad Fiqi Sultan mempunyai prestasi lain di luar bidang akademik.Tercatat Muhammad Fiqi Sultan pernah masuk 100 besar acara The Voice of Rusia. Tak hanya itu, mereka bersama grup musik Garuda juga  berhasil juara 1 dalam lomba yang digelar oleh pemerintah Tatarstan Rusia pada 2019. Terbaru, Muhammad Fikri Sultan berhasil  menyabet gelar juara satu The Voice of Campus 2022.

Kabar prestasi gemilang  yang diraih Muhammad Fikri dan Muhammad Fiqi ini viral dan ramai diperbincangkan usai sang kakak Arland Novarie mengunggah postingan kisah mereka  di akun Instagram @arlandnovari beberapa hari lalu.

Dikatakan Arland Novarie bahwa adik-adiknya yakni  si kembar saat ini alhamdulilah telah menyelesaikan program S1 Jurusan Hubungan Internasional di Kazan Federal University Rusia, baru-baru ini menuai prestasi. 

"Mereka berdua mendapat gelar sebagai Mahasiswa Asing Berprestasi. Terinfo hanya ada 3 orang dari Indonesia yang mendapat gelar ini," tulis Arlan di akun Instagramnya baru-baru ini.

Kabar menggembirakan ini akhirnya didengar oleh Bupati Kabupaten Pandeglang Irna Narulita. Ia langsung memberikan komentarnya dalam postingan Arlan tersebut. Bupati Irna mengspresiasi adik kembar Arlan yakni Muhammad Fikri Sultan dan Muhammad Fiqi Sultan.

"Ibu turut bangga atas prestasi yang diraih, terima kasih telah  mengharumkan nama baik Pandeglang di Rusia, semangat terus," tulis Irna mengkomentari postingan itu.

Dikisahkan Arland Novarie  bahwa keluarganya, terutama orangtua, sangat bangga atas prestasi sang adik kembarnya. 

"Apa yang diraih oleh duo kembar, Muhammad Fikri Sultan dan Muhammad Fiqi Sultan, tentunya tidak terlepas dari kerja keras, semangat belajar serta doa orang terdekatnya, terutama orangtua," ujar Arland saat ditemui di kediamannya di Pandeglang, Jumat (7/7/2023)

Arland menuturkan, sejak kecil kedua adik kembarnya tersebut bakatnya telah terlihat di bidang akademis. "Dari kecil mereka memang sangat aktif di sekolah, seriap pelajaran dan ekskul pun diikuti dengan giat. Begitu juga saat di bangku SMAN 1 Pandeglang," ujar Arland.

Arland mengatakan  bahwa dulu saat adik-adiknya akan berangkat orangtua dan keluarga berpesan agar selalu menjaga nama baik keluarga.

"Orang tua terutama ibu, berpesan untuk selalu menjaga beribadah, terutama sholat dan berdoa kepada Allah. Alhamdulillah adik-adik selalu mengikuti apa yang dikatakan ibu, dan kami di sini juga selalu mendoakan mereka setiap saat agar selalu sehat, sukses dan pulang dengan selamat hingga nanti pulang ke tanah air," kata Arland.

Meski demikian, di balik prestasi gemilang yang diraih oleh  Muhammad Fikri Sultan dan Muhammad Fiqi Sultan rupanya pihak keluarga mengaku kesulitan dalam soal biaya kuliah keduanya. 

Arland mengaku terus terang soal ekonomi keluarganya berasal dari keluarga pas-pas-an. Mereka berharap ada uluran tangan dari Bupati Pandeglang atas masalah tersebut.

"@irnadimyati terimakasih banyak ibu atas apresiasinya, sekedar info ibu, sebentar lagi (14 Juli) mereka di wisuda dan pulang, untuk pulang sendiri tiket perjalanan ditanggung sendiri karena tidak termasuk dalam paket beasiswa dari pemerintah. Ibunda kami hanyalah seorang guru honorer di ponpes Turus dan ayah kami pensiunan swasta yang  saat ini tidak berpenghasilan. Kami saat ini agak kesulitan untuk menyediakan biaya tiket ke pulangan mereka ibu,” tulis Arland membalas komentar Bupati Irna

Karena itu, Arland pun berharap ada pihak-pihak yang tergerak hatinya dapa membantu meringankan beban keluarga untuk memulangkan adik kembarnya, baik dari pribadi, swasta, ataupun pemerintah terutama pemerintah Pandeglang dan Provinsi Banten.

Artikel ini telah tayang di halaman Sindonews.com dengan judul  Mahasiswa Kembar Berprestasi Pandeglang Mengaku Kesulitan Biaya untuk Pulang

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network