Tak Hanya Radang, ini 4 Penyebab Sakit Tenggorokan

Nisa Atiatul
bukan radang tenggorokan, ini 4 penyebab sakit tenggorokan

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh adanya radang pada tenggorokan. 

Namun, bukan hanya radang yang menyebabkan kita sakit pada tenggorokan. Ada beberapa penyebab lainnya yang menyebabkan sakit saat menelan makanan atau minuman. 

Untuk itu kami akan memberikan informasi mengenai beberapa pnyakit yang akan menyebabkan terjadinya sakit pada tenggorokan. Berikut ulasannya.

Infeksi Bakteri  

Hal ini menyebabkan kamu mengalami sakit tenggorokan. Ketika terjadi, amandel mengalami bengkak. Seseorang yang mengalami infeksi bakteri pada tenggorokannya harus mendapat pengobatan antibiotik. Jika tidak segera terobati, kamu bisa mengalami komplikasi serius, seperti kerusakan jantung atau ginjal.

Luka Pada Tenggorokan 

Penyebab sakit tenggorokan lainnya adalah terjadinya luka pada bagian tenggorokan. Salah satu penyebab sakit menelan ini disebabkan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu tajam sehingga menimbulkan luka. Maka dari itu, kamu dapat mencegah gangguan ini terjadi dengan memastikan makanan telah halus saat akan melewati tenggorokan agar tidak menyebabkan luka.

Tenggorokan Terlalu Kering 

Tenggorokan yang terlalu kering juga dapat membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Sebab, udara yang kering membuat tenggorokan kamu akan terasa kasar dan gatal sehingga tidak nyaman ketika menelan. Selain itu, bernapas melalui mulut karena hidung tersumbat saat pilek juga bisa menyebabkan tenggorokan kering dan sakit.

Infeksi Jamur 

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan selanjutnya adalah infeksi jamur pada mulut, tenggorokan. Nah, Jamur bisa tumbuh di luar kendali jika kondisi sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Kondisi ini umumnya terjadi akibat infeksi jamur Candida.

Nah, itulah beberapa penyebab dari tenggorokan kamu sering sakit, semoga informasi ini bisa memberikan kamu wawasan tambahan mengenai penyebab sakit tenggorokan.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network