Makanan yang Dianjurkan saat Sakit Radang Tenggorokan, Bikin Cepat Sembuh!

Wulansari Listya
Makanan yang Dianjurkan saat Sakit Radang Tenggorokan, Bikin Cepat Sembuh! (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idRadang tenggorokan cukup menanggu aktivitasmu keseharianmu. Rasa sakit menelan makanan hingga merasakan sensasi terbakar adalah hal yang dirasakan penderita radang tenggorakan.

Radang Tenggorokan adalah salah satu penyakit yang umum diderita oleh manusia. Kondisi ini disebabkan oleh virus bakteri yang dapat menyerang area farang atau tenggorokan hingga infeksi.

Untuk mengatasi radang tenggorokan kamu dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk penyakit radang tenggorokan.

Tidak perlu khawatir, berikut ini 8 makanan dan minuman untuk radang tenggorokan yang dirangkum dari healthcareassociates.com

1. Yoghurt

Yogurt adalah probiotik alami yang dapat membersihkan bakteri dari usus dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Yoghurt juga bisa menenangkan penyakit tenggorakan dan mudah ditelan dalam tenggorokan. Pastikan membeli yogurt tanpa tambahan gula sebab dapat mengiritasi tenggorokan. Lebih bagus untuk menambahkan buah-buahan lembut ke yogurt tawar untuk meningkatkan rasa menjadi lebih enak.

2. Madu

Madu adalah antibakteri alami yang dapat mengurangi rasa sakit dari peradangan tenggorokan. Madu bahkan dapat membantu luka sembuh lebih cepat jika rasa sakit disebabkan oleh luka terbuka dan tergores di tenggorokan. Kamu dapat mencampur madu dengan air hangat untuk membuat minuman kesehatan.

3. Jahe

Sama seperti madu, jahe juga dikenal sebagai antibakteri alami yang dapat melawan rasa sakit dan peradangan tenggorokan. Jahe juga merupakan antioksidan yang melindungi terhadap bakteri dan patogen lain yang berkontribusi pada sakit tenggorokan. Minumlah teh jahe atau makan jahe segar dengan nasi hangat untuk meredakan sakit tenggorokan.

4. Oatmeal

Oat adalah biji-bijian sehat dengan antioksidan, seng, dan magnesium. Oat juga dikenal sebagai makanan yang tinggi serat. Semua nutrisi dalam oat dapat melindungi dari bakteri dan virus yang mungkin menjadi penyebab sakit tenggorokan. Oatmeal dapat disajikan hangat dan mudah ditelan saat sedang sakit tenggorokan karena memiliki tekstur yang lembut.

5. Sop sayur

Sop sayur, Kaldu dengan sop ayam serta sayuran memiliki nutrisi bahan anti-inflamasi yang dapat menenangkan atau menyembuhkan sakit tenggorokan. Sop dapat meningkatkan sistem kekebalan dan mudah ditelan ketika tenggorokan terasa gatal.

Buat sop ayam sayur buatan sendiri atau beli merek tanpaa kandungan natrium dan zat aditif sebab dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Makanlah dalam keadaan hangat agar meredakan sakit dalam tenggorokan.

6. Pisang

Kalium, vitamin C, dan vitamin B6 adalah beberapa nutrisi dalam pisang yang dapat membantu menyembuhkan dan menenangkan sakit tenggorokan. Ditambah pisang memiliki tekstur lembut dan bisa dihaluskan sehingga mudah ditelan ke tenggorokanyang sakit.

Kamu bisa tambahkan pisang ke yogurt atau oatmeal untuk meningkatkan rasa makanan dan meredakan sakit tenggorokan.

7. Telur

Telur dikenal memiliki kandungan nutrisi seng, selenium, zat besi, vitamin B12, dan vitamin D yang dapat memerangi dan meredakan sakit tenggorokan. Pertimbangkan untuk membuat telur orak-arik, yang hangat, lembut, dan mudah ditelan pada tenggorokan yang sakit. Penting untuk memilih tekstur makanan yang lembut agar tidak memperparah kondisi tenggorokan.

8. Jus delima

Delima dikenal memiliki vitamin C dan antioksidan yang tinggi hingga dapat membantu pemulihan sakit tenggorokan dengan cepat. Biji dalam delima juga telah ditemukan untuk mengurangi pembengkakan. Saat membeli jus delima, baca label bahan untuk memastikan jus itu murni dan tidak mengandung gula.

 

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network