get app
inews
Aa Read Next : Tak Hanya Radang, ini 4 Penyebab Sakit Tenggorokan

8 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Tanpa Harus Minum Obat, Mudah Dilakukan!

Rabu, 09 November 2022 | 20:55 WIB
header img
8 Cara Mengobati Sakit Tanpa Harus Minum Obat, Mudah Dilakukan!. Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sakit tenggorokan biasanya dibarengi dengan rasa nyeri, gatal, tidak nyaman atau terasa kering hal tersebut dapat mrngganggu kenyamanan sehari-hari, bahkan jika sakit saat menelan makanan.

Untuk mengobati sakit tenggorokan  dapat Anda lakukan sendiri dengan bahan-bahan alami. Cara-cara ini mudah dan dapat dilakukan sendiri dari rumah.  Seperti kita ketahui, sakit pada tenggorokan bisa jadi disebabkan oleh infeksi bakteri yang membuat tenggorokan luka dan gatal. Hal ini menimbulkan sensasi yang tak nyaman pada tenggorokan.


Oleh karena itu, Jika Anda tidak memperhatikan makanan atau minuman apa yang Anda konsumsi, hal tersebut dapat memperburuk kondisi. Nah, bila Anda sedang mengalaminya, jangan khawatir. Sebab, terdapat beberapa cara mengobati tenggorokan sakit yang mudah dilakukan.
Cara mengobati tenggorokan sakit ini dapat Anda coba di rumah. Apa saja sih? Berikut ini sembilan cara mengobati tenggorokan sakit, seperti dirangkum pada Selasa (8/11/2022).

1. Teh chamomile

Teh chamomile yang menenangkan secara alami telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk menjadi cara mengobati tenggorokan sakit. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringent. Menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile mungkin menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.


2. Istirahat

Cara mengobati tenggorokan sakit di urutan pertama, adalah istirahat. Bila Anda sakit tenggorokan, cobalah mendapatkan tidur yang cukup. Hal ini tentu sangat berpengaruh karena bila Anda beristirahat, maka pita suara yang ada pada tenggorokan tak bekerja terlalu keras.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cara mengobati tenggorokan sakit di urutan berikutnya yakni memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Cairan dalam tubuh menjaga tenggorokan tetap lembab dan mencegah dehidrasi. Hindari kafein dan alkohol, yang dapat membuat Anda dehidrasi.

 4. Konsumsi makanan dan minuman yang menenangkan.  

Cairan hangat, seperti kaldu, teh bebas kafein atau air hangat dengan madu, juga bisa Anda coba sebagai cara mengobati tenggorokan sakit.

5. Berkumur dengan air garam 

 Cara mengobati tenggorokan sakit berikutnya yakni berkumur dengan air asin. Kumur air asin dengan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam meja hingga 4 hingga 8 ons atau 120 hingga 240 mililiter air hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.  Anak-anak yang lebih tua dari enam tahun dan orang dewasa dapat berkumur dengan larutan tersebut.

6.  Madu

Mengutip dari Healthline, madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah obat rumahan yang umum untuk gejala sakit tenggorokan. Madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan penekan batuk untuk pada anak-anak.

 Dekstrometorfan adalah bahan aktif dalam produk seperti Robitussin dan Delsym. Sebuah tinjauan literatur tahun 2021 meneliti efek madu pada infeksi saluran pernapasan atas akut. Para peneliti menyimpulkan bahwa madu lebih efektif dalam menghilangkan gejala daripada beberapa pengobatan tradisional. Obat ini termasuk antibiotik dan antihistamin diphenhydramine.

7. Kumur soda kue

Cara mengobati tenggorokan sakit berikutnya yaitu berkumur dengan campuran soda kue-air garam. Larutan oral ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur. Anda disarankan untuk menggunakan obat kumur tiga atau empat kali sehari dan dilanjutkan dengan berkumur dengan air biasa.

8. Bawang putih

Cara mengobati tenggorokan sakit juga bisa memanfaatkan bawang putih yang memiliki sifat antibakteri alami. Ini mengandung allicin, senyawa yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Mengkonsumsi suplemen bawang putih setiap hari dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi saluran pernapasan yang sama ini berpotensi menyebabkan sakit tenggorokan. Jadi, menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan Anda adalah salah satu cara memanfaatkan sifat antimikrobanya. Cobalah mengisap atau mengunyah siung bawang putih. Anda mungkin ingin menyikat gigi sesudahnya untuk melindunginya dari enzim dan memperbaiki pernapasan Anda.

Itulah 8 cara mengobati sakit tenggorokan yang mudah dilakukan di rumah.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut