Penyebab Utama Radang Tenggorokan dan Cara Mengobatinya

Kevi Laras
(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Ada banyak penyebab utama radang tenggorokan. Sebagaimana Ikita tahu, mengalami sakit ataupun radang tenggorokan rasanya tentu tidak nyaman.

 Penyebab Utama biasanya disebabkan sembarangan makan atau minum. Gejalanya berupa rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan.



Namun ternyata, ada lho penyebab utama radang tenggorokan yang lain. Misalnya, infeksi virus, seperti influenza, Covid-19, chickenpox (cacar air), amandel dan sebagainya. 

"Penyebab paling umum adalah radang tenggorokan, infeksi tenggorokan dan amandel yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A," demikian keterangan dalam website Healthline, seperti dikutip pada Minggu (2/10/2022).

Gejala Setelah membahas penyebab utama radang tenggorokan, Anda perlu mengetahui gejalanya. Beberapa gejala umum yang dirasakan saat mengalami radang tenggorokan adalah:

1. Nyeri saat menelan

2. Demam

3. Pembengkakan kelenjar getah bening

4. Sakit kepala

5. Sakit perut

6. Amandel merah atau bengkak , yang terkadang memiliki bercak putih

7. Bintik-bintik merah kecil di langit-langit mulut

8. Mual atau muntah

Pengobatan

Nah, jika sudah tahu apa penyebab utama radang tenggorokan dan gejalanya, berikut cara pengobatannya. Anda tidak perlu risau, secara umum, sakit tenggorokan biasanya membaik dengan sendirinya dari waktu ke waktu. Hal ini berbeda dengan radang tenggorokan, yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik.

"Untuk sebagian besar sakit tenggorokan, Anda mungkin tidak perlu ke dokter. Anda dapat mengobatinya dengan obat yang dijual bebas, mengambil cuti dari pekerjaan, dan istirahat," ujar Jeffrey A. Linder, MD, MPH dilansir WebMD, Minggu (2/10/2022) Apabila kondisi radang tenggorokan tidak ditangani dengan cepat, gejalanya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Kapan harus ke dokter? Segera ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat, apabila kondisi anda parah seperti:

-Sulit bernafas

-Kesulitan menelan

-Air liur yang tidak biasa, mungkin mengindikasikan ketidakmampuan untuk menelan

Demikian penyebab utama radang tenggorokan beserta gejala dan pengobatannya. Bila Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter Anda.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network