Bupati Irna Minta Arahan KPK Seputar Pencegahan Gratifikasi dan LHKPN, Apa Saja Poin Pentingnya

Epul Galih
Bupati Irna Minta Arahan KPK Seputar Pencegahan Gratifikasi dan Optimalisasi LHKPN. Foto istimewa

Dalam kesempatan tersebut Irna juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas kehadiran KPK RI bersama tim satgas.

"Kami komitmen bagaimana akselesasi menghadirkan kredibilitas pelayanan kepada masyarakat, berkomitmen untuk terus mengedepankan transparasnsi," ucap Irna.

Sementara Kasatgas KPK wilayah II Agus Priyanto mengatakan apresiasinya atas  kegiatan Rakor di Pandeglang. Sebab, antara legislatif dan eksekutif  itu sejalan atau seiya sekata.

"Eksekutif dan Legislatif tidak dapat dipisahkan harus bersinergi. Bila  ada ego masing-masing  maka akan pincang," ujarnya.

Dijelaskannya,  untuk dapat terhindar dari tindak pidana, maka jangan sekali-kali melakukan tindakan yang berpotensi terjadinya korupsi.

"Meskipun ada pengaduan macam-macam, jika kita tidak melakukan hal tersebut dipanggil pun oleh APH akan clear tak  ada masalah", kata Agus.

Lebih lanjut Agus menuturkan saat menjadi pejabat negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN) secara otomatis masuk perangkap tindak pidana korupsi. Sebab, yang terkena pasal undang - undang korupsi adalah penyelenggaran negara dan Pegawai Negeri.

"Jika pun swasta dan tak kena pasal korupsi serta tidak ada kewajiban melaporkan, maka dari itu,  tidak mudah dan  gampang jadi pejabat negara dan pegawai itu", katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pandeglang TB Udi Juhdi mengatakan bahwa  rakor bidang pemerintahan dengan KPK RI adalah tindakan preventif. Tindakan ini paling baik dan perlu diterapkan menurutnya agar kasus korupsi itu sendiri bisa dihindari.

"Sebelum kejahatan korupsi  itu terjadi harus diantisipasi sedini mungkin seperti di antaranya dengan penguatan tata kerja mena jemen payung hukum",  tuturnya.

TB Udi Juhdi  berharap dapat mengetahui dimana area rawan korupsi, dan bagaimana upaya untuk mengantisipasinya.

"Dengan pencerahan KPK lembaga DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan dengan fungsi budgeting, controling, dan legisllasi bisa sejalan dan menjamin juga penganggaran telah disusun efektif dan efisien," pungkas Udi.

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network