Waspada! Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi di Pesisir Banten

Tim iNewsPandeglang
Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi di Pesisir Banten. Foto ilustrasi/Okezone.com

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi 4  hingga 6 meter di pesisir Banten.

BMKG dalam keterangannya mengatakan  cuaca ekstrim gelombang tinggi ini diprediksi mulai 2 hingga  10 Februari mendatang dipengaruhi adanya fenomena fase bulan purnama pada 05 Februari 2023. Selain angin dan gelombang tinggi di wilayah pesisir juga berpotensi  banjir rob.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, serta peningkatan ketinggian gelombang mencapai 4 - 6 meter di perairan Selatan Jawa hingga NTT,” ujar Tarjono  Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang belum lama ini.

Potensi banjir rob tersebut  berbeda waktu di setiap wilayah yang akan berdampak kepada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Karena itu,  BMKG mengimbau kepada masyaraka  agar waspada dan selalu memperhatikan informasi cuaca dari BMKG. Masyarakat, terutama nelayan, diminta berhati-hati saat beraktivitas di pesisir maupun di perairan Banten.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” katanya.

Tak hanya di Banten, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kep. Riau, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Tegal, Pesisir selatan Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur.

Selanjutnya di Pesisir Nusa Tenggara Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sulawesi Selatan, Pesisir P. Selayar, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Maluku, dan Pesisir Papua Selatan.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network