Mitos Burung Puter, Pembawa Rezeki Terutama Bagi yang Matanya Berwarna Merah

Wiwie Heriyani
(Foto: @burungputer07)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Burung puter memiliki berbagai mitos yang telah begitu lekat di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu burung yang memiliki suara merdu yang dipelihara banyak orang ini juga sering diikutkan dalam lomba.

Sebagian masyarakat Indonesia memelihara burung ini karena adanya mitos burung puter yang masuk dalam salah satu spesies burung dalam keluarga Columbidae. Populasi burung ini tersebar di banyak negara, seperti Filipina, Indonesia, hingga Timor Leste.


(Foto: Youtube)



Mitos yang begitu melekat, salah satunya adalah terkait sumber rezeki tambahan bagi pemelihara burung puter ini. Sebenarnya, terdapat beberapa jenis burung puter, salah satunya aalah burung puter putih dengan mata yang berwarna merah.

 Lantas, apa saja seluk-beluk burung puter hingga sederet mitosnya yang dianggap pembawa rezeki? Berikut ulasannya dirangkum melalui channel YouTube Gusti Eka, Sabtu (1/10/2022).

1. Pembawa rezeki

Orang zaman dulu meyakini memiliki burung puter akan membawa rezeki atau rezekinya muter. Banyak orang yang tertarik untuk memelihara burung puter sebagai hobi atau diikutkan dalam berbagai lomba. Namun, banyak juga memelihara burung ini karena percaya mitos burung puter, khususnya jenis burung puter putih mata merah.

Burung ini dipercaya dapat membawa rezeki untuk pemiliknya. Kabarnya, mitos ini memang benar adanya dan bisa menjadi kenyataan selama Anda mengetahui caranya. Salah satunya dengan mengikutkan burung ini dalam lomba dan memenangkan hadiahnya. Cara lainnya, Anda bisa membudidayakan burung ini dan menjadikannya sebagai peluang bisnis. Burung ini biasa dijual sekitar Rp200.000 sampai Rp700.000 per pasang. Jika Anda menekuni bisnis ini dengan sungguh-sungguh, maka burung ini dapat menjadi sumber rezeki loh.


2. Burung puter selalu berbunyi pada malam hari

Burung puter selalu berbunyi pada malam hari. Setiap setengah jam, burung ini akan selalu berbunyi. Jika berbunyi pada pagi hari, burung ini menandakan kepada si pemiliknya untuk segera berangkat ke bekerja. Tidak heran jika orang z dulu memelihara burung puter sebagai penanda jam.

3. Umur panjang

Burung puter memiliki umur yang panjang bisa sampai beberapa tahun. Untuk merawatnya juga sangat mudah. Anda hanya memberikan pakan kesukaan seperti jagung dan biji wood.

4. Pelengkap di rumah

 Meskipun mitos satu ini cukup aneh, burung puter putih dipercaya sebagai pelengkap benda dan hewan peliharaan yang ada di rumah. Banyak orang percaya, rumah tidak terasa lengkap tanpa adanya burung puter putih. Apalagi burung ini memiliki suara yang khas dan unik membawa kedamaian. Jika matanya merah, maka nilai jualnya bertambah.

5. Makanan burung puter harus berkualitas

Anda harus memberikan pakan yang berkualitas pada burung puter agar bisa mendatangkan rezeki. Pakan burung puter putih sangat mudah ditemukan di pasar atau toko hewan peliharaan. Nah, itu dia seluk-beluk dan mitos mengenai burung puter yang bisa berguna bagi Anda, khususnya yang berencana memelihara burung puter karena dianggap pembawa rezeki.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network