5 Mitos Suku Dayak, Ada yang Bahaya bagi Pria, Jangan Coba-coba!

Milati Azmiawati
5 Mitos Suku Dayak yang bikin merinding. Foto Gadis Dayak. (Instagram/@ida.rwda_)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Suku Dayak merupakan suku asli Kalimantan yang memiliki segudang mitos megerikan. Berdasarkan cerita yang beredar, suku Dayak memiliki larangan - larangan yang apabila dilanggar akan mendatangkan malapetaka pada pelakunya. 

Meski begitu, Kalimantan tanah dimana suku Dayak tinggal memiliki panorama alam yang mempesona. Sehingga menjadikannya sebagai objek wisata menarik bagi para turis asing maupun lokal.

Jika  suatu hari nanti Anda berkunjung ke kalimantan khususnya suku Dayak, alangkah baiknya Anda mengetahui tradisi dan adat yang berlaku disana.

Lalu apa saja 5 mitos suku Dayak yang bikin merinding ? 

Berikut ulasan yang berhasil iNewsPandegelang rangkum untuk Anda ketahui.


Suku Dayak.(Foto: Instagram/@gerardusbunyau)

1. Jangan gegabah menyentuh apalagi menggunakan Mandau 

Mandau merupakan senjata tradisonal yang diyakini suku Dayak memiliki daya magis. Meski bentuknya tak beda dari parang pada umumnya, senjata ini tidak boleh dipakai sembarangan. Menurut mitos orang Dayak, jika Mandau dikeluarkan dari serangkanya maka ia akan menelan korban. Oleh karena itu, para pendatang jangan gegabah dengan senjata ini.

2. Jangan berkomentar buruk terhadap patung kayu leluhur Suku Dayak

Selain bangunan yang didominasi dengan kayu, di rumah adat Kalimantan juga seringkali terdapat patung yang terbuat dari kayu. Patung tersebut adalah simbol dari nenek moyang suku Dayak yang telah tiada. Siapapun yang melihat patung tersebut wajib mengormatinya dengan tidak menghina baik rupa ataupun bentuknya, sekalipun hanya terbesit dalam hati.  Sebab banyak cerita orang-orang yang diganggu oleh makhluk halus setelah menghina patung tersebut. Konon katanya, gangguan makhluk halus itu tidak akan berakhir sampai orang yang menghina meminta maaf kepada pihak keluarga leluhur yang dihina.

3. Dilarang mengganggu gadis Dayak

Kecantikan gadis suku Dayak memang bukan rahasia lagi, pria manapun yang melihatnya pasti akan jatuh hati. Namun bagi para pria yang ingin mendekati gadis Dayak wajib memiliki nyali besar. Sebab  katanya, barangsiapa yang berani menganggu atau mempermainkan gadis Dayak akan dipastikan hilang alat vitalnya.

4. Jaga ucapan di makam Suku Dayak

Tradisi pemakaman suku Dayak sangatlah unik, pasalnya jenazah tidak dimakamkan di dalam tanah melainkan dibiarkan tergeletak diatas tanah setelah dimasukan ke dalam peti. Kemudian peti tersebut ditutupi dengan semacam gubug kayu yang disebut oleh suku Dayak sebagai kulambu.

Karena makam suku Dayak sangat sakral bagi mereka, maka jaga ucapan dan pikiran yang bersifat mengejek jika tak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Jangan pandang sebelah mata orang Dayak

Orang Dayak dikenal memiliki kekuatan magis di luar jangkauan pikiran manusia, bahkan dianggap sebagai salah satu suku dengan sihir terkuat di dunia. Sehingga siapapun wajib menghormati dan tidak menyinggung perasaan suku Dayak. Sebab bila ucapan kita menghina dan menyakiti hati orang Dayak, maka bisa saja mereka mengerahkan kekuatan mereka sebagai bentuk perlawanan. 

Itu dia 5 Mitos Suku Dayak yang berhasil iNewsPandegelang tulis,  merinding bukan ? yang jelas seperti pepatah mengatakan, "Dimana bumi dipijak, Disitu langit dijunjung" jadi di manapun Anda berada tetaplah mengikuti budaya dan aturan masyarakatnya, niscaya keselamatan akan selalu menyertai.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network