get app
inews
Aa Read Next : Waspada! BMKG Ungkap 13 Segmen Megathrust Kepung Indonesia, Berikut Detailnya

Gempa M5.0 Guncang Pangandaran, Ini Daerah yang Merasakan Getarannya!

Selasa, 22 Oktober 2024 | 20:44 WIB
header img
Ilustrasi gempa.(Foto:Dok iNews.id)

PANGANDARAN, iNewsPandeglang.id - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 mengguncang wilayah Pangandaran pada Selasa, 22 Oktober 2024, tepatnya pukul 19:43:53 WIB. Pusat gempa terletak di laut, sekitar 18 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kedalaman mencapai 72 km.

Getaran gempa dirasakan di sejumlah daerah, termasuk masyarakat di Pangandaran yang melaporkan getaran dengan skala intensitas MMI III-IV, yang cukup kuat untuk mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, gempa ini juga dirasakan oleh warga di beberapa daerah lain, seperti Garut (MMI III), Cilacap (MMI II-III), Pelabuhan Ratu (MMI II), Kota Sukabumi (MMI II), dan Kabupaten Bandung (MMI II-III).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun X-nya (@infoBMKG) menginformasikan, "Gempa (UPDATE) Mag:5.0, 22-Okt-24 19:43:53 WIB, Lok:7.75 LS, 108.33 BT (Pusat gempa berada di laut 18 km barat daya Kab. Pangandaran), Kedlmn:72 Km Dirasakan (MMI) III-IV Pangandaran, III Garut, II-III Cilacap, II Pelabuhan Ratu, II Kota Sukabumi, II - III Kab. Bandung."

Meskipun tidak ada laporan kerusakan yang signifikan, banyak warga yang merasakan kepanikan dan segera mencari informasi lebih lanjut mengenai kondisi terkini. BMKG telah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti informasi terbaru terkait aktivitas seismik di daerah mereka.

Seiring dengan peringatan ini, warga diharapkan dapat lebih siap menghadapi kemungkinan gempa di masa depan dengan meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan mengenai prosedur keselamatan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut